24 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Luapan Lumpur Lapindo Ciptakan Pulau Baru di Sidoarjo


Luapan Lumpur Lapindo Ciptakan Pulau Baru di Sidoarjo
Pulau Sarinah, pulau baru yang terbentuk hasil sedimentasi lumpur Lapindo (Int)

KLIKBONTANG.COM- Kabupaten Sidoarjo sangat dikenal sebagai salah satu pusat industri di Indonesia. Tapi image daerah ini berubah. Sepuluh tahun silam, tragedi memilukan terjadi di Porong, Sidoarjo.

Pada 2006 lalu, semburan lumpur panas muncul di Kecamatan Porong akibat pengeboran tambang minyak. Ironisnya, semburan itu tak kunjung berhenti hingga saat ini. Akibatnya, 19 desa terpaksa mengungsikan warganya.

Sejak saat itu, lumpur panas menjadi salah satu hal yang paling banyak dikaitkan, ketika menyinggung nama kabupaten yang berbatasan dengan Surabaya ini. Namun, terlepas dari itu, 10 tahun bencana Lapindo ternyata juga memberi warna baru bagi Sidoarjo. Luapan lumpur di sana yang dianggap bencana, kini bisa lebih sedikit dipandang positif oleh warga sana.

Apabila berjalan ke bagian muara kali Porong tempat akhir pembuangan lumpur tersebut, disana Klikers akan dapat melihat sebuah pulau yang konon pulau tersebut merupakan pulau baru. Pulau Sarinah namanya. Satu bukti keajaiban bahwa Indonesia memang ‘tanah surga’.

Bagi warga Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur, nama Pulau Sarinah tidak asing lagi. Karena pulau seluas 80 hektare itu berada di Muara Sungai Porong yang bisa ditempuh setengah jam.



Reporter : Aysah Idris | Berbagai Sumber    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0