24 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

747 Non-PNS Bontang Diistirahatkan


747 Non-PNS Bontang Diistirahatkan
Demo honorer di lingkungan Pemkot Bontang beberapa waktu lalu (DOK.KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.COM- Jumlah tenaga non-PNS di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang susut 50 persen. Semula mencapai 1.548 pegawai, awal tahun ini berkurang menjadi 801 pegawai.

Sekretaris Daerah (Sekda) M Syirajudin menyebutkan, kontrak kerja non-PNS yang mulai bekerja awal 2017 ini, diantaranya Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan honorer tenaga fungsional seperti guru dan medis.

Sementara, per 1 Januari 2017, sebanyak 747 tenaga honorer diistirahatkan hingga Maret 2017 mendatang.

Pemerintah terpaksa mengambil kebijakan tersebut, pasalnya kondisi keuangan daerah tidak memungkinkan untuk membiayai 1.548 honorer. Selain itu, tak adanya kegiatan selama tiga bulan ke depan jadi salah satu alasan pemerintah tidak bisa memperpanjang kontrak kerja 747 non-PNS.

“Diistirahatkan. Menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Januari ini, ada 801 pegawai yang dibutuhkan. Sisanya 747 belum diperpanjang,” ujar Sekda Iyad—begitu disapa, ditemui usai rapat gabungan dengan DPRD Bontang, Senin, 9 Januari 2017.

KLIK JUGA: Kelebihan Seribu Pegawai, Honorer Bontang Dipangkas

Namun, ia menuturkan, kewenangan sepenuhnya diserahkan kepada SKPD masing-masing. “Saya enggak tahu, misalnya yang dibutuhkan Dinas Pekerjaan Umum berapa, Dinas Pendidikan berapa. Yang pasti, mereka yang tahu sesuai ABK (Analisis Beban Kerja, Red) mereka,” tandasnya.

Kendati demikian, Sekda Iyad mewajibkan pegawai honorer mengajukan kembali surat lamaran sesuai jabatan yang tersedia, dilengkapi surat kesehatan dari dokter, keterangan bebas Narkoba, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan usia kurang dari 58 tahun.(*)

Reporter : Tim Redaksi Klik Bontang    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0