16 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ibu Guru SMK 2 Bontang Ini Pernah di I Love You- kan Muridnya


Ibu Guru SMK 2 Bontang Ini Pernah di I Love You- kan Muridnya
Rasydah yang saat ini menjadi guru di SMK Negeri 2 Bontang. (Foto: koleksi pribadi)

KLIKBONTANG – Menjadi seorang guru di usia yang masih muda memang memiliki tantangan sendiri. Apalagi jika di tempatkan di sekolah yang mayoritas muridnya adalah pria.


Rasydah Mulia Sulaiman misalnya. Perempuan kelahiran Bontang 20 Oktober 1991 itu menjadi satu-satunya guru termuda di SMK 2 Bontang. Parasnya yang manis tak jarang membuat dirinya acap kali digombal oleh para siswanya.


“Haha jadi inget pas saya jalan pernah diteriaki I love You sama siswa saya. Eh ternyata didengar oleh guru yang lain. Nah, guru yang denger itu yang hukum,” kata dia menceritakan.


Meski begitu, Rasydah tetap menikmati perannya sebagai seorang guru. Ada hal yang berharga didapatnya menjadi seorang guru.

“Awalnya ya gak menyangka aja jadi guru. Karena itu, cita-cita awalnya bukan menjadi guru,” ujarnya.

Ya, lulusan Seni Drama, Tari, dan Musik Universitas Negeri Makasar itu sebenarnya ingin menjadi pekerja seni. Hobinya di bidang seni itulah yang menyeretnya ke kampus pelat merah di tanah Sulawesi itu.

“Orangtua sempat melarang saya untuk masuk di jurusan itu. Ibu lebih ingin saya masuk kuliah di kedokteran atau enggak di ekonomi. Tapi saya keukeh tetap ingin masuk di jurusan seni. Karena ingin menyalurkan kreasi saya,” kata dia.

Namun, ia tak patah semangat. Ia tetap yakin apa yang dia pilih tidak bakal mengecewakan sang ibu. Pelan tapi pasti, Rasydah berhasil lulus kuliah dengan cukup membanggakan.

“Ibu akhirnya bisa percaya kalau apa yang aku pilih itu tidak salah pada saat aku selesaikan skripsi aku. Itu jadi motivasi aku juga,” ujarnya.


Pasca lulus kuliah itulah, jalan langkahnya untuk menjadi seorang guru pun terbuka. Mendaftar di SMA Vidatra kala itu menjadi awal karirnya menjadi seorang guru.

“Ya meski aku lulusan Vidatra tapi untuk masuk kerja di Vidatra juga harus berjuang. Dan Alhamdulillah aku lulus,” kata perempuan berkerudung itu.


Namun tak lama berselang dirinya pun pindah. Setelah mendaftar dan lolos menjadi CPNS, kini Rasydah pun mendapat tanggungjawab untuk mengabdikan diri di SMK Negeri 2.

“Yang jelas aku sudah sangat ikhlas dan tulus menjadi seorang guru. Mungkin pekerjaan guru akan kujalani seumur hidupku,” jelasnya.


Meski begitu, disela-selanya menjadi seorang guru Rasydah tetap menyalurkan hobinya di bidang seni. Maklum saja, kebetulan Rasydah merupakan guru mata pelajaran di bidang kesenian di tempat sekolah dia mengajar. “Ya kadang-kadang saya juga menjadi juri di even pentas seni sekolah. Dan masih aktif juga di kegiatan musik dan tari,” tutup perempuan yang juga hobi bermain alat musik gesek itu. (jm20)

 

Biofile
Nama                          : Rasydah Mulia
Tempat Tanggal Lahir : Bontang, 20 Oktober 1991
Riwayat Pendidikan    : - SD YPVDP Vidatra
                                      - SMP YPVDP Vidatra
                                      - SMA Vidatra
                                      - S1 Seni Drama, Tari, dan Musik Universitas Negeri Makasar
Prestasi                       : - Penata Musik Terbaik Festival Teater Mahasiswa
Organisasi                   : - Lembaga/komunitas Teater Kampus UNM
                                      - Pizzicato Violin Mini School
                                      - Sanggar Seni Ininnawa Makassar
                                      - Sanggar Seni Katangka Gowa
                                      - Makassar Choral Society Choir
Pekerjaan                   :  Guru di SMK Negeri 2 Bontang

 

Reporter : M Andrian    Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0