24 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

CATATAN: Dari Kuliner, Sektor Pariwisata Bontang Bisa Digenjot


CATATAN: Dari Kuliner, Sektor Pariwisata Bontang Bisa Digenjot
Walikota Bontang Neni Moerniaeni didampingi Kepala Biro KlikBontang (penulis), Suriadi Said meninjau stan BSFF 2017 usai membuka acara. (FOTO: HUMAS ADI)

ALHAMDULILLAH, event puncak Hari Ulang Tahun KlikBontang kedua tahun, Bontang Street Food Festival (BSFF) 2017 berjalan lancar dan sukses. Semuanya berkat peserta stand (Pelaku UMKM), sponsor, dan terpenting Zigzag event planner yang sudah membantu terlaksananya event perdana di Kota Bontang itu.

Saya mewakili seluruh manajemen KlikBontang.com, panitia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemkot Bontang, terkhusus Walikota Bontang Neni Moerniaeni atas dukungannya di event kami, terpenting pula atensi pengunjung di BSFF 2017 yang besar. Jika kami hitung kasar, ada lebih dari 5 ribu pengunjung hadir di event tiga hari itu. Semua penjual untung, rata-rata bisa mencapai omzet hingga 10 juta selama event berlangsung. Alhamdulillah (lagi).

Ya, bisnis wisata kuliner menjadi prospek yang paling menjanjikan seiring keniscayaan menghadapi Masyarakat Ekonomis ASEAN di Kota Bontang. Bisnis ini memiliki potensi keuntungan yang menggiurkan seiring dengan semakin membaiknya pendapatan masyarakat. Daya beli masyarakat membaik. Bisnis kuliner kian bergairah.

Kuliner bisa menjadi pesona luar biasa untuk meningkatkan pariwisata. Berdasarkan data, sebanyak 30 persen pengeluaran wisatawan dihabiskan untuk makan. Di Madrid saja, punya destinasi khusus untuk menikmati makanan. Wisawatan kalau ke sana bisa spanding sebanyak 45 persen.

Selain alam dan budaya, sektor kuliner juga merupakan salah satu komponen utama penentu majunya pariwisata Indonesia termasuk Kota Bontang. Di Kota Bontang sendiri dengan keanekaragaman suku dan budaya memiliki ribuan macam kuliner dan modifikasinya. Hal ini bisa menjadi daya tarik sangat kuat untuk para wisatawan.

Mari kita tengok data dari Kementerian Pariwisata. Sektor kuliner bisa memberikan kontribusi kepada pendapatan negara sebesar Rp 208,6 triliun dengan rata-rata pertumbuhan sekitar 4,5 persen pada tahun 2013 lalu. Sementara penyerapan tenaga kerja di sektor kuliner ini mencapai 3,7 juta orang dengan rata rata pertumbuhan mencapai 26 persen.

Bahkan unit usaha yang tercipta di sektor ini mencapai 3 juta dengan rata- rata pertumbuhan 0,9 persen. Diprediksi di 2019 mendatang target wisman mencapai 20 juta orang dengan perolehan devisa mencapai 20 miliar dolar. Dari perolah devisa ini sekitar 6 miliar dolar berasal dari kuliner. Ini menunjukkan bahwa kuliner dapat menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat.

Dari sini, klikbontang mendapat tantangan untuk bisa memajukan dan memperkenalkan Kota Bontang dengan sektor wisatanya. Ya, wisata kuliner. Ide untuk event serupa pun sudah kami siapkan dengan konsep berbeda, namun tujuannya memperkenalkan kuliner khas Kota Bontang.

Ini adalah langkah inovatif dalam mendukung pengembangan potensi pariwisata. Ini juga sebagai rentetan jalan kita menggali demi menggali potensi pariwisata yang ada. Termasuk wisata kuliner di Kota Bontang. Kemajemukan budaya dan suku malah memperkaya Kota Bontang untuk memamerkan kulinernya.

KlikBontang.com, sebagai pelopor media online muatan lokal di Kota Bontang pun ingin menjadi pelopor wisata kuliner yang dikemas apik dan terkonsep tanpa menghilangkan budaya khas masyarakat Kota Bontang. Tunggu kami di event kuliner selanjutnya. See you..!!! (*)

Reporter :     Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0