23 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

PKT Ditugasi Mengembalikan Kejayaan Bawang Sembalun


PKT Ditugasi Mengembalikan Kejayaan Bawang Sembalun
Direktur Utama Pupuk Kaltim Achmad Bakir Pasaman (depan baju batik)

KLIKBONTANG.COM- PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) mendapatan tugas dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno ikut terlibat mengembalikan kejayaan bawang putih Sembalun yang dicanangkan pemerintah.

Salah satu upaya dengan mendampingi para petani bawang putih di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Agar para petani mampu meningkatkan produksi dengan biaya yang lebih efisien.

"Kami akan mendampingi secara berkesinambungan. Kami harus pastikan pengembangan bawang putih Sembalun kembali ke masa jayanya," jelas Direktur Utama Pupuk Kaltim, Achmad Bakir, mengutip Antara.

Lanjut Bakir, langkah awal yang dilakukan, melakukan demplot di Desa Sembalun Bumbung, dan Sembalun Lawang, dengan melibatkan kelompok tani setempat. Luas lahan di masing-masing desa mencapai 1 hektare terbagi atas empat titik dengan perlakuan yang berbeda-beda. Termasuk menggunakan pupuk hayati guna mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Uji coba penanaman bawang putih dengan empat perlakuan tersebut melibatkan tim riset dari pusat yang akan bergabung dengan tim Pupuk Kaltim di NTB. "Tim riset tersebut akan membantu secara kontinyu dan berkunjung ke daerah untuk memastikan uji coba berhasil dengan baik," ucap Achmad Bakir.

Menurut dia, pihaknya juga sudah menyalurkan bantuan senilai Rp150 juta dalam bentuk bibit dan pupuk kepada petani bawang putih Sembalun. Bantuan tersebut bersumber dari dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Sebelumnya, Menteri BUMN, Rini Soemarno mengatakan bahwa berdasarkan Kementerian Pertanian bawang putih Sembalun merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Namun, komoditas tersebut tidak terlalu dikembangkan lagi karena petani lebih memilih menanam strawbery dan bawang merah serta tanaman sayuran lainnya.

"Sembalun memiliki potensi lahan seluas 4.000 hektare yang bisa dikembangkan untuk bawang putih. Insya Allah bersama BUMN bisa membantu," kata Rini Soemarno.(*)

Reporter : Said Omar Nagata    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0