26 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Konsumsi Keju Tidak Menyebabkan Kenaikan Berat Badan, Mitos atau Fakta?


Konsumsi Keju Tidak Menyebabkan Kenaikan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

KLIKBONTANG - Bagi pencinta keju, Anda tidak perlu khawatir lagi akan mengalami kenaikan berat badan. Ya, penelitian terbaru ini menemukan walaupun keju terbuat dari susu dan mengandung lemak, mengonsumsinya tidak akan menyebabkan penambahan berat badan jangka panjang.

Kabar baik ini diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition dan dikutip pada Jumat (17/4/2015), di mana peneliti menghabiskan 16 tahun terakhir untuk menganalisis hal ini. Para peneliti menganalisis sebanyak 120 ribu pria dan wanita pada tiga studi jangka panjang yang terpisah.

Mereka mengungkapkan bahwa konsumsi daging merah dan olahan daging lainnya memiliki keterkaitan yang erat pada penambahan berat badan. Di sisi lain, mengonsumsi yoghurt, kacang-kacangan dan ayam tanpa kulit dapat menjaga berat badan tetap sehat dan ideal.

Dan bergembiralah bagi Anda pecinta keju, temuan paling menarik yaitu menemukan keju yang merupakan produk olahan susu tidak menyebabkan penambahan berat badan jangka panjang. Penelitian ini berhasil menemukan hasil yang bertentangan bahwa keju dan produk olahan susu lainnya hanya dapat memberikan penambahan lemak di tubuh.

Baca juga: Tak Cuma Enak, Konsumsi Keju Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Terlebih lagi, keju dengan lemak disebutkan lebih baik dibandingkan versi low-fat untuk lemak di pinggang Anda. Peneliti di Tufts University menemukan bahwa orang-orang yang lebih memilih produk low-fat, sebenarnya akan mencerna lebih banyak karbohidrat sehingga berdampak pada kenaikan berat badan seseorang dalam jangka panjang.

"Penelitian kami ini menemukan bahwa pencernaan seseorang memiliki kompensasi pada produk low-fat dengan cara meningkatkan asupan karbohidrat mereka," ungkap Jessica Smith, PhD , salah seorang pemimpin penelitian.

Namun, penelitian ini juga tidak menyarankan agar seseorang lebih sering mengonsumsi keju maupun produk olahan susu lainnya. Jika dikonsumsi berlebihan, bukan tidak mungkin memiliki efek samping negatif. Jadi, konsumsilah makanan secara seimbang agar tubuh Anda lebih ideal.(jm22/detik)

Reporter :     Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0