16 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ini Kartini-nya Bontang dari Lintas Generasi


Ini Kartini-nya Bontang dari Lintas Generasi
Perempuan Bontang yang mampu menginspirasi. Neni Moernaeini (kiri), Etha Rimba (kiri kedua), WH Agustin (kanan kedua) dan Saadatul Anwar (kanan).

KLIKBONTANG – Banyak cara untuk meneruskan perjuangan RA Kartini. Tiap tahunnya, semangat Kartini menjadi motivasi sendiri bagi kaum hawa untuk berbuat lebih baik dari kaum adam. Ya, itu juga yang dilakukan para perempuan di Kota Taman.

Di Bontang, ada beberapa nama perempuan yang patut dijadikan inspirasi. Kegigihan mereka untuk mengangkat derajat kaum hawa patut diancungi jempol. Pandangan jika perempuan itu tugasnya hanya di dapur pun terbantahkan. Tak jarang, sederatan prestasi dan jabatan yang manis mampu diraih Kartini-nya Bontang. Edisi spesial kali ini, klikbontang akan memperkenalkan Kartini-nya Bontang dari beberapa generasi  versi manajemen klikbontang.

  1. Neni Moernaeini – Anggota DPR RI

Sosoknya supel, bersahaja, namun tegas dalam bersikap. Pernah menjadi Ketua DPRD Bontang, istri mantan Walikota Bontang Sofyan Hasdam ini boleh jadi dibilang sebagai salah satu tokoh inspiratif bagi para perempuan di Bontang. Embel-embel istri walikota kala itu tak membuat dirinya terlena. Ingin mengikuti langkah sang suami yang mengabdi kepada masyarakat, politisi Golkar ini pun memantapkan hati untuk terjun ke dunia politik. Salah satu cara untuk mengabdi. Kira-kira begitulah kata Neni belum lama ini. Karir politiknya terus moncer. Pada Pileg tahun lalu, langkah Neni menuju Senayan mendapat restu dari masyarakat Bontang. Dan sekarang  Neni  duduk di Komisi XI.

        2. Etha Rimba – Wakil Ketua DPRD Bontang

Sepeninggal Neni Moernaeini yang pergi ke Senayan, kehadiran dan peran sosok perempuan di dewan Bontang sempat diragukan. Pesimis jika ada kaum hawa yang melanjutkan figur perempuan untuk duduk menjadi salah satu komponen pimpinan dewan. Tetapi hal itu terbantahkan.  Duduk untuk pertama kalinya menjadi wakil rakyat, perempuan bergelar dokter itu dipercaya partainya untuk menjadi Wakil Ketua DPRD Bontang. Kata Etha, posisi yang didapatnya itu bukan karena semata-mata dirinya adalah istri dari Henri Pailan. Yang juga merupakan Sekretaris Gerindra Kaltim. Kata dia, amanah menjabat sebagai wakil ketua DPRD Bontang murni dari hasil tes. Kini, Etha pun semakin populer. Sikapnya yang kritis, rendah hati dan merakyat disebut-sebut menjadi karakter ibu dua anak ini.

       3. WH. Agustin – Direktur RSUD Bontang

Mungkin tak banyak yang tahu siapa itu WH Agustin. Meski memiliki kesamaan dengan Neni dan Etha, Agustin juga perempuan yang memiliki gelar dokter itu bukanlah seorang politisi. Tetapi Agustin adalah orang nomor 1 di RSUD Taman Husada. Figurnya yang luwes dan bisa bertindak cepat dalam mengatasi persoalan menjadikan dirinya dipilih untuk memimpin rumah sakit pelat merah tersebut. Agustin pun menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Direktur RSUD Taman Husada.

       4. Sa’adatul Anwar – Siswi Terfavorit SMAN 2 Bontang

Kartini-nya Bontang selanjutnya adalah seorang siswi kelas 3 SMAN 2 Bontang. Memiliki wajah yang cantik, perempuan berkerudung kelahiran 22 Desember 1996 ini barangkali bisa menjadi inspirasi  kawulah muda di Kota Taman. Ya, sederatan prestasi berhasil diraih anak dari pasangan MN Anwar dan Tengku Farida Aryani ini. Di akhir pendidikannya, Sa’datul Anwar pun dinobatkan sekolahnya sebagai murid terfavorit. Alasannya sederhana, pihak sekolah menilai, selain berpresasti di sekolah maupun di luar sekolah, Sa’datul memiliki karakter yang bisa dicontoh oleh murid lainnya. “Dia siswi berprestasi dan santun. Inilah yang membuat kami menobatkan dia menjadi siswi terfavorit,” kata Sumariah kepala Sekolah SMAN 2 Bontang. Setelah mendapatkan prestasi di sekolah, Sa’datul pun memiliki sebuah cita-cita. Kepada klikbontang, ia tidak ingin menjadi pekerja. Tetapi kata dia, harapan menjadi pengusaha, mulai saat ini sudah didengungkannya. (jm20)  

Reporter : ikhwal    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0