16 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tarif Air PDAM dan Listrik Naik Bersamaan, Umiati Keluhkan Pendapatan Sepi


Tarif Air PDAM dan Listrik Naik Bersamaan, Umiati Keluhkan Pendapatan Sepi
int

KLIKBONTANG.COM – Kebijakan Pemkot Bontang menaikan tarif dasar air sejak bulan lalu dikeluhkan sejumlah warga Bontang. Pasalnya, penyesuaian tarif air dibarengi dengan kenaikan tarif tenaga listrik 900 Volt Ampere sejak 1 Mei ini..

“Bapaknya (suaminya, Red.) tidak kerja lagi. Hanya jualan sama saya saja. Pembeli juga sepi. Belum lagi anak masih sekolah. Sebulan kontrakan bayar terus. Kalau dinaikkan begini biaya listrik dan air, mau makan apa kami ini sementara pemerintah tidak pernah memberi bantuan,” kata Umiati, warga Kelurahan Tanjung Laut, kepada Klik Bontang, Kamis (4/5/2017).

Umiati mengatakan,  seharusnya ditengah sulitnya ekonomi saat ini, pemerintah harus membantu mensejahterakan rakyatnya. Bukan sebaliknya, malah menyengsarakan rakyat dengan menaikkan seluruh kebutuhan hidup seperti listrik dan air.

Menurutnya,  kenaikan ini hanya menambah beban bagi masyarakat khususnya masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Kebijakan tarif listrik dan tarif air yang naik bersamaan, memberikan pukulan bagi dia. Biaya hidup saat ini sudah tinggi, belum lagi dirinya dan sang suami harus membayar kontrakan, biaya sekolah anak dan biaya hidup lainnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Mustafa, warga Jalan Tenggiri, RT 25, Kelurahan Tanjung Laut Indah. Menurut dia, tarif listrik yang terus mengalami kenaikan, memberatkan warga dengan kondisi ekonomi pas pasan.

“Jangan dinaikkan kalau bisa, apalagi kebutuhan sekarang sudah naik semua. Tolong kepada pemerintah, kasian kami ini sebagai rakyat kecil,” keluhnya.

Diketahui, pemerintah pusat melalui kementrian energi dan sumber daya mineral (ESDM) mencabut subsidi listrik bagi golongan 900 VA yang masuk dalam kategori rumah tangga mampu (RTM), Januari Lalu. Kebijakan ini berlaku mulai per 1 Mei kemarin, alasan pencabutan subsidi karena 18,8 juta pelanggan 900 VA tergolong rumah tangga mampu, meski begitu nantinya pemerintah akan menyediakan dan subsidi untuk kelompok masyarakat  tidak mampu

Sedangkan, Pemkot Bontang pun ikut menaikan tarif dasar air sejak 1 April kemarin, namun pembayaran terhitung mulai bulan ini.

Reporter : Ananda    Editor : Said NR



Comments

comments


Komentar: 0