23 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Termasuk Bontang, 40 Peserta Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Nasional


Termasuk Bontang, 40 Peserta Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Nasional
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim Hj Meiliana usai membuka seleksi calon peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Kaltim di Dispora Kaltim. (ist/disporakaltim)

KLIKBONTANG.COM- Sebayak 40 peserta termasuk dari Kota Bontang mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Kaltim dan Nasional yang digelar 3-4 Mei 2017 di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim.

Sekadar informasi, empat siswa asal Kota Bontang ikut dalam seleksi. Mereka adalah; Shevia Chorurimadini dari SMK Negeri I, Helena Paskalia Purnama dari SMA YPK, Gusti Aqshal Mujahid dan Michael Immanuel dari SMA Negeri I.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim Hj Meiliana mengatakan seleksi tersebut diharapkan dapat meningkatkan integritas para peserta menjadi generasi muda yang berkualitas. Karena, selain untuk mencari peserta paskibra tingkat provinsi, tetapi juga mencari calon paskibraka tingkat nasional.

“Jadi, mereka yang terpilih untuk tingkat nasional akan masuk tim paskibraka nasional yang akan tampil di hadapan Presiden RI ketika HUT ke-71 Kemerdekaan RI di Istana Negara. Sedangkan yang lain akan menjadi tim paskibra tingkat provinsi,” kata Meiliana usai membuka seleksi calon peserta Paskibraka tingkat Provinsi Kaltim dan Nasional, Rabu (3/5/2017).

Meiliana mengatakan, dalam seleksi dan pembinaan selama di karantina, diharapkan peserta dapat banyak belajar, disiplin dan menjaga kondisi fisik. Meiliana menegaskan, menjaga kondisi fisik adalah hal yang paling utama untuk mengikuti pembinaan di tim paskibra maupun paskibraka.

Menurut Meiliana, dengan kondisi kesehatan dan fisik yang baik, maka secara pemikiran dan kecerdasan akan semakin baik. Apalagi, pemilihan calon paskibra dan paskibraka juga sebagai bagian pembentukan karakter generasi muda agar menjadi pemuda yang memiliki kualitas, berintegritas, spiritual serta kompetensi yang baik.

“Kita yakin 10 hingga 15 tahun akan datang tidak menutup kemungkinan mereka yang akan menjadi penerus kepemimpinan di daerah maupun di tingkat nasional. Karena, dalam pembinaan paskibra mereka dituntut untuk memiliki disiplin yang tinggi dan wawasan yang baik,” jelasnya.

Kepala Dispora Kaltim Fachruddin Djaprie mengatakan, seleksi diikuti 40  peserta. Para peserta merupakan pelajar pilihan dari jenjang SMA maupun SMK se-Kaltim. Dari 40 peserta akan terpilih dua peserta, masing-masing putra dan putri yang akan masuk di tim Paskibraka Nasional.

“Selanjutnya yang 30 peserta tetap akan dibina hingga nantinya tampil di hadapan Gubernur Kaltim pada saat HUT ke-71 Kemerdekaan RI. Diperkirakan awal atau akhir Juli akan dilakukan karantina bagi mereka yang masuk tingkat provinsi,” jelasnya.

Penyelenggaraan ini juga didukung pihak Purna Paskibraka Indonesia Kaltim, TNI dan Polri, akademisi dan Dinas Pariwisata Kaltim serta Balai Bahasa Kaltim.(*)

Reporter : Humas Pemprov Kaltim    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0