18 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Aliansi Apresiasi Langkah Walikota, Kenaikan Tarif Bertahap Sesuai Kinerja PDAM


Aliansi Apresiasi Langkah Walikota, Kenaikan Tarif Bertahap Sesuai Kinerja PDAM
Walikota Neni Moerniani memberikan pemaparan terkait kondisi PDAM Tirta Taman saat ini dihadapan para perwakilan Aliansi Masyarakat Bontang Menggugat (AMBM), Kamis (11/5/2017).

KLIKBONTANG.COM – Penanggung jawab Aliansi Masyarakat Bontang Menggugat (AMBM) Kota Bontang, Muhammad Muqrim mengapresiasi langkah Walikota Bontang untuk menunda kenaikan tarif air hingga Juli mendatang.

Menurutnya, keputusan Walikota untuk menunda penyesuaian tarif langkah yang tepat. Pasalnya, memasuki bulan Ramadan dan Idul Fitri 1438 Hijriah sejumlah harga barang komoditi merangkak naik. Dengan penundaan hingga lebarang mendatang, beban masyarakat sedikit lebih berkurang saat puasa dan lebaran nantinya.

“Keputusan ini patut diapresiasi, saya selaku Pj AMBM mengapresiasi akhirnya Bunda mau menyetujui tuntutan kami,” kata Muqrim di sela-sela dialog bersama Walikota Bontang, dan DPRD di kafe Koperhop, jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara, Kamis (11/5/2017) sore tadi.

Dia menambahkan, toleransi Walikota untuk menyesuaikan tarif dengan cara bertahap pun mendapat solusi yang tepat untuk warga dan Pdam Tirta Taman. Dirinya, menyadari kondisi perusahaan air plat merah tersebut saat ini sudah kritis.

Pelayanan terbengkalai, akibat perusahaan terus merugi tiap tahunnya sebesar Rp 11 milliar. Belum lagi, sejumlah peralatan pipanisasi air sudah banyak keropos. Bahkan, akibat dana operasional terbatas sejatinya pemeliharaan dilakukan scara rutin tiap sekali 1 bulan. Pdam hanya melakukan pemeliharaan tiap 3-6 bulan sekali.

“Kami menyadari kondisi Pdam saat ini, tapi kami juga menyadari ekonomi warga saat ini tengah lesu. Untuk itu, kami sepakat dengan menaikan tarif secara berkala,” katanya.

Sementara itu, Walikota Bontang Neni Moerniani mengaku penyesuaian tarif bisa dievaluasi sesuai dengan Permendagri No 71/2016 Tentang Tarif Air Minum. Kemudian, kenaikan tarif Pdam dilakukan bersamaan dengan kualitas air yang hasilkan. Artinya, kenaikan dilakukan saat kualitas distribusi dan air lebih baik.

Apabila dikemudian hari kondisi keuangan daerah membaik, dirinya memastikan akan memberikan subsidi bagi warga miskin di Bontang.(*)

Reporter : Ichwal Setiawan    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0