26 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Diskes Bontang: Awas, Salon Tidak Bersih Bisa Sebarkan HIV/AIDS


Diskes Bontang: Awas, Salon Tidak Bersih Bisa Sebarkan HIV/AIDS
ilustrasi

KLIKBONTANG – Penyebaran penyakit menular seperti HIV/Aids ternyata tak hanya melalui hubungan seks bebas saja. Baru-baru ini, Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang mewanti-wanti warga Kota Taman untuk lebih berhati-hati lagi untuk memilih tempat cukur rambut atau salon.

Pasalnya, penyebaran penyakit menular HIV/AIDS juga bisa melalui pisau cukur yang tidak steril. Dalam acara sosialisasi yang dilakukan Diskes Bontang belum lama ini, bagi para pengusaha salon atau cukur rambut agar bisa lebih memperhatikan sanitasi pengelolaan salon atau tempat cukur rambut.

Kepala Puskemas Bontang Utara 1, Fitriawaty Jusuf mengungkapkan penyebaran pisau cukur yang tidak steril berpotensi menjadi tempat penyebaran virus penyakit terjadi jika seseorang menggunakan alat cukur yang sebelumnya digunakan orang yang mengidap HIV/Aids atau Hepatitis B.

Pasalnya, kerapkali saat bercukur di salon seseorang terkena irisan silet hingga mengeluarkan cairan bening dan darah. “Ini bisa fatal kalau sebelumnya pisau itu digunakan orang yang mengidap penyakit menular, dan langsung dipakai orang lain,” ujar Fitri.

Karenanya, dipandang perlu untuk melakukan sosialisasi sebagai bentuk edukasi bagi pengusaha dan pengelola salon dan tukang cukur di Bontang. Diharapkan, seluruh pengelola salon dan tukang cukur telaten membersihkan pisau setiap kali digunakan. ”Setidaknya ini bisa menghindari penyebaran penyakit melalui pisau cukur,” katanya.

Pun demikian, kasus penyebaran penyakit melalui pisau cukur, lanjut Fitri, belum pernah ditemukan di Bontang. ”Kami belum menemukan kasus penyebaran penyakit melalui media alat cukur, khususnya silet. Namun kita harus waspada,” tuturnya.

Fitri menghimbau agar masyarakat harus lebih berhati-hati ketika tukang cukur dan salon. “Kalau perlu pastikan alat cukur, dan silet masih hygiene dan baru,” pungkasnya. (jm16)

 

Reporter : Ikhwal    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0