27 Juni 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Optimisme Bangsa-Bangsa Asia-Afrika dalam KAA 2015


Optimisme Bangsa-Bangsa Asia-Afrika dalam KAA 2015
Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan peserta KAA 2015 (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

KLIKBONTANG - Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA) memunculkan optimisme bagi benua Asia Afrika. Semangat itu seiring dengan apresiasi pemimpin negara-negara Asia Afrika peserta KAA 2015 terkait tiga dokumen utama yang diharapkan menjadi hasil konferensi internasional tersebut. 

Juru Bicara KAA 2015, Yuri Octavian Thamrin mengungkapkan tiga dokumen hasil sidang KAA, yaitu Bandung Message, Penguatan Kemitraan Strategis baru Asia Afrika (NAASP) dan Deklarasi Palestina mendapat tanggapan positif dari seluruh pemimpin negara yang hadir di Jakarta. Tiga dokumen ini adalah draft yang dibahas sepanjang rangkaian pertemuan di level tingkat menteri hingga kamar dagang.

"Kalau melihat ungkapan dari penyataan-pernyataan kepala negara tadi, bisa kita lihat mereka menghargai dan menghormati dengan baik ketiga dokumen yang dihasilkan melalui proses pertemuan pejabat tinggi dan tingkat menteri," jelasnya.

Bandung Message merupakan pakta yang menekankan pada tiga hal, yaitu solidaritas politik, kerja sama ekonomi, dan penguatan hubungan sosial budaya di antara negara-negara Asia pasifik.

Selanjutnya Deklarasi NAASP yang menjadi landasan bentuk-bentuk kerja sama konkret yang berfokus pada terorisme, kejahatan transnasional, ketahanan pangan, ketahanan energi, Usaha Kecil dan Menengah, pariwisata, kesetaraan gender, dan pemberdayaan perempuan.

Deklarasi Palestina berisi dukungan dan komitmen dari negara-negara Asia-Afrika terhadap berdirinya Negara Palestina. Presiden Joko Widodo dalam pidato pembukaannya mengajak para pemimpin bangsa lainnya untuk mengambil sikap yang sama.

"Kita tidak boleh berpaling dari penderitaan rakyat Palestina. Kita harus mendukung sebuah negara Palestina yang merdeka," ujar Jokowi dalam pidatonya.

Hingga berakhirnya agenda hari ini, tiga dokumen utama tersebut akan kembali dirumuskan dan disetujui dalam sidang lanjutan Konferensi Asia-Afrika 2015 pada Kamis (23/04/2015). (jm2/antara)

Reporter :     Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0