16 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Dipimpin Rita Widyasari, Kukar Raih WTP Lima Kali Berturut-turut


Dipimpin Rita Widyasari, Kukar Raih WTP Lima Kali Berturut-turut
Rita Widyasari membawa Kukar menyabet WTP lima kali berturut-turut. (id)

KLIKBONTANG.COM- Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim, yang dipimpin Bupati Rita Widyasari, menjadi langganan periah predikat Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.‎

Tahun ini, Kukar kembali menerima predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2016.

Bupati Rita Widyasari, menyampaikan ucapan terima kasih atas pembinaan yang diberikan BPK RI sehingga pengelolaan keuangan daerah Kukar saat ini telah sesuai ketentuan berlaku.

“Ini kebanggaan bagi Kukar, karena mampu meraih WTP secara berturut-turut dalam lima tahun terakhir,” ujar Rita, belum lama ini.

Selain Kukar, daerah lain menerima WTP adalah Kutai Timur, Kutai Barat, Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara, Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang‎. Sedangkan  Kabupaten Berau dan Mahakam Ulu hanya mendapat penilaian Wajar Dengan Pengecualian atau WDP.

Kepala BPK Perwakilan Kaltim, Dori Santosa, menuturkan ‎audit atas LKPD 2016 berdasar Standar Pemeriksaan Keuangan Negara. Sehingga harus mematuhi kode etik BPK, serta merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan untuk memperoleh keyakinan memadai. Apakah laporan keuangan tersebut bebas dari kesalahan pengajian material.

“Hasilnya kami memberi opini WTP kepada 8 kabupaten dan kota, sedangkan dua kabupaten mendapat penilaian WDP,” jelasnya.  

Opini WTP adalah pernyataan profesional dengan kewajaran laporan keuangan, ini bukan jaminan tidak adanya fraud atau kemungkinan timbulnya fraud di kemudian hari.(*)

Reporter : Klik Balikpapan    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0