15 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

5 Tips Ringan untuk Membantu Tidur Lebih Baik di Malam Hari


5 Tips Ringan untuk Membantu Tidur Lebih Baik di Malam Hari
ilustrasi

KLIKBONTANG - Masalah kesulitan tidur atau insomnia masih sering kita alami dalam keseharian. Akibatnya, waktu istirahat menjadi tidak proporsional jika dibandingkan dengan aktivitas. Belum lagi jika tidur kita rasanya tidak berkualiatas ketika bangun di pagi hari. Padahal sudah banyak riset kesehatan menunjukkan akibat dari pola tidur yang buruk dapat mengakibatkan berat badan bertambah, serangan jantung, dan peningkatan potensi serangan stroke.

Di Kota Bontang misalnya, dengan mengandalkan sektor industri-perdagangan sehingga menerapkan jam kerja yang tinggi bagi pekerja. Mau tak mau harus pintar-pintar membagi waktu bekerja dan tidur di tengah padatnya rutinitas. Simak tips-tips ringan yang dikumpulkan klikbontang untuk membantu masalah ini.

1. Beberapa Teknik Meditasi

Ketika sudah duduk atau berbaring di tempat tidur, letakkan tangan anda di atas perut. Bernapas dengan perlahan dan teratur. Tangan anda akan bergerak naik-turun, fokus pada gerakan dan napas juga hilangkan pikiran yang selain untuk tubuh anda. Menurut Joyce Walsleben, Phd, professor di New York University of Medicine, langkah ringan meditasi dan teknik pernapasan yang baik akan menciptakan lingkungan yang menenangkan. “Just relax," katanya.

 2. Makan Protein Rendah Lemak atau Mengandung Magnesium yang Tinggi

Jika punya kebiasaan ngemil sebelum tidur, pastikan cemilan anda memiliki syarat di atas. Paling tidak dapat mengurangi dosa anda pada program diet yang sedang dijalankan.

Menurut Cleveland Clinic, asam amino yang disebut trytopha yang terkandung pada protein rendah lemak meningkatkan kadar serotonin, hormone yang mempengaruhi mood agar terjauh dari depresi. Pikiran tenang tidur pun senang.

 3. Kencangkan Otot Anda

Jika gerakan meditasi tidak bekerja, coba gerakan ofensif. Beberapa orang mungkin terbiasa melakukan ini sebelum tidur sadar atau tidak. Perlahan kencangkan otot-otot anda untuk beberapa detik dan ambil sikap rileks setelah itu. Anda bisa mulai dari jari-jari tangan dan kaki.

 4. Minum Teh Hangat

Jika ada yang bilang teh lebih membuatmu terjaga daripada secangkir kopi, maaf coffee lovers, jangan libatkan masalah personal di sini. Efek cafein yang terkandung pada kopi bisa bertahan hingga enam jam merujuk riset dari Brown University. Coba variasi produk teh herbal yang mengandung akar valerian dan chamomile. “Kedua tanaman obat ini menstimulasi saraf otak agar lebih tenang,” ungkap Wael Berjouvi, M.D, spesialis masalah tidur di badan riset Spectrum Health, Michigan, Amerika Serikat. Seperti sebuah perumpamaan, “teh adalah cairan kebijaksanaan.”

 5. Gadget dan Sejenisnya Dilarang Mengganggu!

Ini bisa jadi masalah terbesar manusia sosmed hari ini. Notifikasi dari aplikasi sosial media yang lebih dari lima akun itu bisa membangunkanmu di tengah malam. Belum lagi jika datang serangan-serangan fajar Clash of Clan (CoC), produk game online paling marak belakangan ini. Charge smartphone-mu di luar kamar tidur.

 Mudah-mudahan tips ringan di atas dapat membantu pembaca klikbontang hari ini. Dan biarkan kami tahu jika ada tips yang berguna bagi anda dengan memberi komentar di bawah. Salam Sehat!  (jm2/berbagai sumber)

Reporter :     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0