18 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Mengenal Thong-Thong Prek; Tradisi Bangunkan Sahur Warga Subah


Mengenal Thong-Thong Prek; Tradisi Bangunkan Sahur Warga Subah
Tradisi membangunkan warga dengan thong-thong prek untuk sahur di bulan Ramadan sangat getol dilakoni para remaja Desa Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. (Liputan6.com)

KLIKBONTANG.COM- Tradisi membangunkan warga dengan thong-thong prek untuk sahur di bulan Ramadan sangat getol dilakoni para remaja Desa Subah, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah dan sekitarnya. Bahkan, mereka kerap sudah keliling kampung meski belum waktu masuk sahur.

Buat melestarikan tradisi sahur tersebut, pihak Desa Subah Batang menghelat Festival Musik Thong-thong Prek. Desa Subah adalah salah satu desa yang masih melestarikan musik thong-thong prek. Media musik thong-thong prek menggunakan bambu merupakan warisan budaya yang cukup dilestarikan.

Alat musik tradisional yang dimainkan banyak orang untuk hiburan guna mengisi waktu luang itu pun banyak digemari masyarakat Suku Jawa.

Ketua Festival Thong-thong Prek Desa Subah, Abdul Ghoni mengatakan, festival ini sudah biasa dilaksanakan sejak 15 tahun yang lalu setiap bulan Ramadan. Hal ini untuk melestarikan budaya dan mengembangkan kreativitas pemuda desa dalam berkesenian.

"Budaya warisan yang setiap bulan puasa anak-anak muda desa membangunkan orang untuk melaksanakan sahur dengan musik thong-thong prek ini kita lombakan, untuk melestarikannya sejak 15 tahun di setiap bulan puasa kita lombakan dengan lagu-lagu bertemakan sahur," ucap Abdul Ghoni, Sabtu malam, 17 Juni 2017.

Rute start dari Jalan Delima, Dukuh Ngepung, Subah dan finis di depan Masjid At-Taqwa, Subah. Ribuan penonton pun menyaksikan Festival Thong-thong Prek hingga memadati halaman masjid.



Reporter : Aysah Idris | Berbagai sumber    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0