23 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

2016, Pemkot Alokasikan Rp 35 Miliar untuk Belanja Hibah


2016, Pemkot Alokasikan Rp 35 Miliar untuk Belanja Hibah
ilustrasi

KLIKBONTANG.COM- Tahun lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) mengalokasikan dana Rp 35 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk belanja hibah.

Dana tersebut diperuntukan bagi masyarakat umum dan Organisasi Kemasyarakatan.

Walikota Bontang Neni Moerniaeni menjelaskan, pos anggaran belanja hibah tahun lalu terbagi atas beberapa peruntukan. Hibah kepada masyarakat misalnya, Pemkot menyiapkan Rp 14.829.162.600. Dana sebesar Rp13.494.175.100 untuk BOSTK, BOSDA, PAUD, serta Rp 1.334.987.500 untuk rumah ibadah.

Sedangkan hibah kepada organisasi kemasyarakatan, lanjut Neni, dialokasikan sebesar Rp5.500.000.000 yang disalurkan kepada KONI,PMI, dan TNI Manunggal Membangun Desa. 

“Atas pertanyaan belanja sosial yang dianggarkan sebesar Rp500 juta namun yang terealisasi Rp39 juta lebih, atau sekitar 7,69 %, kami pastikan itu merupakan kondisi riil. Pemohon bansos saat itu juga sangat terbatas,” jelas Neni di Gedung DPRD Bontang belum lama ini.

 Politisi Golkar Bontang ini sepakat dengan pandangan fraksi Nasdem untuk meningkatkan potensi daerah demi mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selanjutnya, ia berjanji memanfaatkan segala bentuk pembiayaan yang bisa diperoleh daerah pada tahun mendatang. Baik bersumber dari APBD Bontang, Provinsi Kaltim, hingga pemerintah pusat. Demi tercapainya peningkatan PAD serta perbaikan kualitas perekonomian masyarakat.

“Seperti penyiapan infrastruktur, sarana dan prasarana, menuju kawasan industri perikanan tangkap dan pengolahan terpadu Bontang. Serta pemanfaatan lantai II gedung pelabuhan Lok Tuan, untuk pelayanan dokumen kepemilikan kapal nelayan,”  pungkasnya (*)

Reporter : Imran Ibnu    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0