19 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kuota Haji Bontang Naik 35 Jamaah, Daftar Tunggu Haji Selama 20 Tahun


Kuota Haji Bontang Naik 35 Jamaah, Daftar Tunggu Haji Selama 20 Tahun
Kemenag Bontang (Dok Klikbontang.com)

KLIKBONTANG.COM - Tambahan kuota haji Indonesia di Arab Saudi berimbas positif ke daerah. Kota Bontang tahun ini memberangkatkan 145 orang jamaah haji. Jumlah ini meningkat 35 orang dari tahun lalu. Peningkatan ini merupakan yang tertinggi selama kurun waktu 4 tahun terakhir. 
 
Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Bontang, Sulaiman Nawar mengatakan jumlah peningkatan jamaah haji tahun ini tergolong tinggi. Tahun lalu, pihaknya mengurusi pemberangkatan hanya 110 orang.  “Ini kabar baik juga bagi kita, karena kuota haji di Bontang bertambah,” ujar Sulaiman, saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Minggu (16/7). 
 
Sulaiman mengatakan, tambahan kuota haji Bontang lantaran peningkatan kapasitas di Masjidil Haram di Arab Saudi. Hal ini membuat pemerintah Saudi, mengakomodir usulan pemerintah untuk menambah jumlah jamaah asal Indonesia. 
 
Kondisi ini pun berdampak positif bagi daftar tunggu haji Bontang. Sebelum kuota bertambah, daftar tunggu haji Bontang selama 27 tahun. Sekarang, daftar tunggu menyusut menjadi 20 tahun saja. “Jumlah daftar tunggu sekarang kurang lebih 4 ribu orang,” katanya. 
 
Dijelaskan, saat ini persiapan pemberangkatan Calhaj sudah memasuki tahapan manasik haji tingkat kecamatan. Untuk Kecamatan Bontang Barat dalam waktu dekat bakal menyelesaikan prosesi manasik haji mereka. Kemudian, dilanjutkan manasik haji tingkat Kota. 
 
Rencananya, 145 jamaah bakal mengikuti manasik haji sebelum tanggal pelepasan oleh Walikota Bontang. Walikota Neni Moerniani, dijadwalkan bakal melepas jamaah haji nantinya, Selasa (25/7) mendatang. 
 
Sedangkan, jadwal pemberangkatan jamaah ke Balikpapan pada, Selasa (1/8) nantinya. Jamaah haji asal Bontang masuk dalam pemberangkatan kloter 4 Kalimantan Timur. Jamaah Bontang bersama, tiga daerah lainnya diantaranya Balikpapan, Kutai Barat dan Mahakam Ulu (Mahulu).  “Kita masuk di kloter 4 bersama tiga daerah lainya se-Kaltim,” ujar Sulaiman. 
 
Lebih lanjut, untuk memastikan seluruh jamaah dapat berangkat dengan baik. Pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan, mulai dari pemeriksaan kesehatan dan lainnya. Dari total 145 calon jamaah haji tersebut, terdapat tujuh pasang jamaah Lansia, dan 34 jamaah yang menderita sakit beresiko tinggi. 
 
Karenanya, pihak Kemenag intens melakukan monitoring bagi jamaah haji yang akan menjalankan ibadah haji. Ia berharap pemberangkatan Calhaj tahun ini berlangsung lancar sesuai dengan target yang telah ditetapkan pemerintah.  “Ada beberapa yang kami kontrol, karena ada Lansia yang perlu mendapat perhatian medis,” tandasnya(*)
Reporter : Ichwal Setiawan    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0