22 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Satu Jam, 3 Rumah di Tanjung Laut Indah Ludes Terbakar


Satu Jam, 3 Rumah di Tanjung Laut Indah Ludes Terbakar
Warga dan keluarga korban kebakaran di Gang Udang, RT 33, Kelurahan Tanjung Laut Indah, mencari serpihan sisa barang usai api melahap rumah 3 Kepala Keluarga, Senin (17/7/2017) Foto : Fani Klik

KLIKBONTANG.COM – Tiga rumah di kawasan pesisir ludes terbakar. Rumah panggung berbahan kayu ini habis terpanggang api kurun waktu satu jam. Cuaca berangin ditambah material bangunan membuat api mudah melahap habis rumah yang dihuni 3 Kepala Keluarga (KK) di jalan Samratulangi, Gang Udang, RT 33, Kelurahan Tanjung Laut Indah, Senin (17/7) siang.

“Ini ada rumahnya 3 KK pak, Ismail dan Istrinya Fatimah, kemudian Hamzah, dan Pak Nasir dan Istrinya Syaharie,” ujar Abdul kadir saksi mata kejadian saat ditemui Klikbontang di lokasi.

Saksi mata kejadian, Abdul Kadir mengatakan musibah ini terjadi sekitar pukul 12.45  Wita. Dugaan sementara penyebab kebakaran karena instalasi listrik yang berusia di atas 10 tahun. Menurut saksi mata, api pertama kali terlihat dari rumah milik Ismail, yang berdempetan dengan dua rumah (Hamzah dan Nasir) lainnya.

Warga mengaku melihat percikan api mulai membesar dari bagian atap rumah milik Ismail. Kemudian merembet kedua rumah disebelahnya.  “Awalnya sih dari langit-langit rumah, terus membesar,” kata Kadir kepada wartawan di lokasi kejadian.

Kadir mengatakan, saat kejadian Ismail, dan warga di dua rumah lainya masih berada di dalam rumah. Mereka menyadari kebakaran melahap rumahnya, setelah warga ramai meminta penghuni segera meninggalkan hunianya.

Tak ada barang yang sempat diselamatkan saat kejadian terjadi. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Selain menghanguskan rumah 3 KK, sejumlah barang berharga dan uang tunai ikut raib dilahap si jago merah.

Dari penuturan kakak Ismail, sang adik menyimpan uang tunai di rumah sebanyak Rp 10 juta beserta emas milik istri Ismail. “Istrinya adik saya itu, sehari-hari berjualan di toko baju di jalan KS Tubun sana. Baru mau belanja kasihan tapi kena musibah,” katanya.

Begitu pun dengan Nasir, rumah berukuran 10x20 meter miliknya hanya menyisaka rangka kayu yang hangus terbakar. Dirinya pun kehilangan uang Rp 80 juta dan perhiasan emas 300 gram atau setara Rp 150 juta lebih.

“Saya baru pulang melaut pak, terus lihat kondisi rumah saya seperti ini,” ujar Nasir terbata-bata bertutur dengan bahasa daerah dan Indonesia.

Dinas Pemadam Kebakaran mengerahkan seluruh 6 unit armada mereka untuk memadamkan api yang masih menyala. Petugas sedikit kesulitan karena tiupan angin di lokasi saat insiden terjadi cukup kencang. Warga bersama petugas bekerja sama memadamkan api yang terus berkobar.(*)

Reporter : Ichwal Setiawan    Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0