16 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Korea Selatan: Iklan Alkohol Bukan untuk Anak Muda


Korea Selatan: Iklan Alkohol Bukan untuk Anak Muda
Iklan soju (arak Korea) oleh penyanyi Lee Ji-eun (UI). (@googlepict)

KLIKBONTANG- Selebritis muda di Korea Selatan dilarang menjadi bintang iklan minuman beralkohol seiring dengan bertambah banyak warga, terutama pemuda yang mengikuti kebiasaan meminum alkohol. Hal ini mencuat setelah banyaknya pelaporan dari masyarakat.


Dilansir dari Koran Chosun Ilbo, rancangan aturan itu melarang menampilkan figur di bawah usia 25 tahun dalam iklan-iklan minuman alkohol dan akan menjadi hukum undang-undang jika disepakati oleh Kongres Nasional. Harian itu menyatakan, penyanyi 21 tahun, Lee Ji-eun harus segera berhenti mengiklankan sebuah produk soju terkenal.

Menurut Chosun Ilbo, pengajuan peraturan itu muncul setelah seorang atlet ski, Kim Yuna yang saat itu berusia 22 tahun mengiklankan sebuah merk bir. Dari situ, para pembuat kebijakan menulusuri apakah remaja terpengaruh dan mengikuti idolanya untuk minum alkohol.

Menurut laporan CNBC Asia-Pasific, tingkat konsumsi minuman alkohol terus meningkat di Korsel. Warga Korsel biasa menghabiskan 13.7 gelas alkohol per minggu, dua kali lebih banyak dari Rusia.

Konsumsi terbanyak tertuju pada wanita muda. Sebanyak 64,8 persen wanita berumur dua-puluhan ke atas menyatakan mereka rutin minum, dan satu-dari-sepuluh di antara mereka  mengaku sebagai peminum berat, berdasarkan Korea Times. Dari survey pihak otoritas Metropolitan Seoul, wanita muda yang mengkonsumsi alkohol menggabungkan kondisi stres yang dialami dan “sebuah kebutuhan hidup sosial”. (jm2/bbc)

 

Reporter :     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0