19 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Indonesia Dipuji, Tak Hanya Bicara Soal Rohingnya


Indonesia Dipuji, Tak Hanya Bicara Soal Rohingnya
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi bertemu State Counsellor Daw Aung San Suu Kyi, di Naypydaw, Myanmar, Senin (4/9). (DOK KEMENLU)

KLIKBONTANG.COM- Sikap Pemerintah Indonesia terhadap kekerasan yang menimpa etnis Rohingnya menuai pujian. Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN yang tak hanya berbicara, tapi diwujudkan secara nyata dalam bentuk bantuan-bantuan kemanusiaan.

Hal ini diungkapkan Duta Besar (Dubes) RI untuk Myanmar Ito Sumardi. Apalagi, lannjut dia, sikap konkret Indonesia ditunjukan dengan turun langsungnya Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi ke Myanmar untuk mencari solusi menghentikan kekerasan kemanusiaan terhadap etnis Rohingnya.

Menlu Retno Marsudi, bersama Duta Besar RI Yangon dan delegasi, telah tiba di Naypyitaw, Myanmar pukul 09.00 Senin (4/9/2017). Selain bertemu State Counsellor Myanmar, Daw Aung San Suu Kyi, Menlu Retno juga melakukan serangkaian pertemuan dengan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar, Menlu Myanmar, dan sejumlah menteri serta pejabat Myanmar lainnya.

Setiba di Naypyidaw, Menlu Retno membahas kemajuan proses pembangunan Rumah Sakit Indonesia yang terletak di Myauk U, Rakhine State. "Semua sudah dilakukan melalui kunjungan ibu Menlu yang bertemu dengan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar, SC Daw Aung San Auu Kyi, 3 Menteri strategis dan menyampaikan semua harapan pemerintah dan masyarakat Indonesia," ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Atas sikap Indonesia yang tidak pernah hanya berbicara dan diwujudlan secara nyata dalam bentuk bantuan-bantuan kemanusiaan, pemerintah Myanmar menyambut baik kunjungan Menlu Retno.

Bahkan Pemerintah Myanmar berjanji akan menindak lanjuti rekomendasi yang telah disampakan yang substansinya sudah mengakomodasi apa yang menjadi harapan masyarakat dan negara Indonesia. Myanmar pun berjanji akan memberikan akses bantuan kemanusiaan masuk kepada warga Rohingnya.




Comments

comments


Komentar: 0