22 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Piutang Capai Rp300 Juta, BME Ingatkan Pelanggan Bayar Tepat Waktu


Piutang Capai Rp300 Juta, BME Ingatkan Pelanggan Bayar Tepat Waktu
Warga membuka katub sambungan jaringan gas yang terhubung di dapur rumahnya (DOK.KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.COM- Sebanyak 548 pelanggan PT Bontang Migas dan Energi (BME) menunggak pembayaran selama tiga bulan. Jika dikalkulasi, dana mengendap mencapai Rp392 juta.

Padahal, berbagai langkah persuasive telah dilakukan perusahaan pelat merah tersebut. Mulai dari pengiriman pesan singkat ke nomor pelanggan, hingga surat tertulis berisi imbauan untuk membayar tagihan.

“Karena itu, kami ingatkan lagi, jika sampai tanggal 11 bulan ini belum lunasi pembayaran, meteran akan dilepas,” jelas Khoironi, Manajer Umum dan External PT BME Bontang, Jumat 8 September 2017.

Kondisi itulah yang membuat PT BME melakukan sosialisasi pentingnya tertib dalam membayar tagihan tepat waktu selama sepekan terakhir.

Hasilnya, tercatat 171 pelanggan telah membayar dari total 548 pelanggan.

Sosialisasi tersebut dilakukan untuk menjalankan aturan internal PT BME dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Berharap, bisa melahirkan disiplin pembayaran yang akan berdampak pada pelayanan prima dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut.

Apalagi, jika dikalkulasi, total tunggakan dari 548 pelanggan mencapai 392 juta. Piutang tersebut penting untuk menunjang kegiatan operasional PT BME. Seperti pembelian material, pemeliharaan jaringan hingga gaji pegawai.  

“Jadi harus seimbang. Apalagi kita kan BUMD. Tidak berorientasi pada untung saja, melainkan pelayanan. Jadi, pembayaran harus lancar agar pelayanan juga bisa lancar dan prima,” pintanya.

Selain penunggak 3 bulan ke atas, Roni mengaku ada penunggak lain dalam waktu 1 hingga 2 bulan. Jika ditotal, keseluruhan mencapai 2.000 lebih dari total 5.000 lebih pelanggan PT BME.

Namun, PT BME masih memberi toleransi pada penunggak di bawah tiga bulan, lantaran berbagai pertimbangan.

“Saat ini, kami prioritaskan penunggak 3 bulan ke atas. Yang di bawahnya, juga kan dalam proses pembayaran,” tuturnya.

Bagi pelanggan yang dilepas meteran, kata dia, tetap bisa kembali berlangganan.

Caranya dengan datang ke Kantor PT BME untuk melunasi tunggakan.

Sedangkan penunggak 6 hingga 12 bulan, ungkap dia, selain pelunasan juga harus membayar 40 persen dari total biaya Aktivasi Pelanggan Lama (APL) sebesar Rp 6 juta.

“Berbeda kalau memang ingin berhenti langganan. Bisa isi form dari kami untuk berhenti langganan. Selanjutnya,  bukan lagi meteran yang dilepas, tapi juga jaringan,”tutupnya(*)

Reporter : Imran Ibnu     Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0