22 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Investasi Rp18,2 Miliar untuk Panel Surya di Bontang


Investasi Rp18,2 Miliar untuk Panel Surya di Bontang
Ilustrasi pekerja memasang panel surya.

KLIKBONTANG.COM- PT Pertamina menargetkan pembangunan panel surya bertenaga 1 megawatt di Badak LNG, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Investasi energi yang berasal dari tenaga surya tersebut diperkirakan mencapai US$ 1,4 juta atau sekira Rp18,2 miliar.

"Akhir tahun depan diperkirakan akan selesai," kata Project Analyst PT Pertamina Fuadi Nasution di Balai Kartini, Jakarta, 13 September 2017 lewat siaran persnya.

Sejauh ini, Pertamina telah memasang 1,7 MW panel surya di kawasan Jawa dan Bali. Selain di Kalimantan, Pertamina juga akan memasang panel surya di kawasan Sumatera dan Papua. "Panel surya di Sumatera dan Papua masih dalam kajian," ujarnya.

Fuadi menambahkan, pemasangan panel surya di kawasan Jawa pada 4 Mei 2017 bisa mengurangi emisi karbon (CO2) 125 ton selama 14 hari. Menurutnya, Pertamina ingin berkontribusi untuk mencari energi alternatif yang ramah lingkungan.

Apalagi, kata dia, harga panel surya saat ini sudah terbilang murah. Selain itu, panel surya mampu bertahan 20-25 tahun. "Bahkan panel surya yang dipasang di rumah dinas Pertamina di Cilacap berkapasitas 1 megawatt bisa menghemat pembayaran listrik Rp 180 juta per tahun," ucapnya.

Untuk jangka pendek, kata dia, selain membangun panel surya, Pertamina akan berfokus pada pembangunan infrastruktur energi alternatif dari geotermal dan bioenergi hingga 2019.

Pertamina, kata dia, mempunyai program jangka pendek dan jangka panjang untuk pembangunan infrastruktur energi terbarukan di Indonesia. "Untuk jangka menengah, ada hydro (air), wind (angin), dan laut untuk strategi energi terbarukan," tuturnya.(*)

Reporter : Aysah Idris    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0