23 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Perguruan Tinggi Tak Dilarang Nobar Film G30S/PKI


Perguruan Tinggi Tak Dilarang Nobar Film G30S/PKI
Menristekdikti, Mohammad Nasir.

KLIKBONTANG.COM- Maraknya pemberitaan pro dan kontra terkait digelarnya nonton bareng (nobar) film dokumenter Pengkhiatan G 30 S/ PKI, ternyata tak terlalu diambil pusing oleh Menristekdikti, Mohammad Nasir.

Menurutnya, dengan digelarnya nobar film tersebut justru akan memberikan pembelajaran bagi para pelajar hingga mahasiswa untuk menambah pengetahuan seputar peristiwa sejarah di Indonesia.

"Nobar G30 S/PKI saya rasa tidak apa-apa. Itu kan bisa jadi pembelajaran untuk mereka. Setelahnya, mereka bisa mempelajari mana yang salah dan benar, lebih baik lagi jika ditambah dengan referensi-referensi yang lain juga," ungkap Nasir saat ditemui usai menghadiri acara Seminar Kebangsaan: Pancasila, Pendidikan Katolik dan Ketahanan Nasional di Aula Paroki Gereja St. Aloysius Gonzaga, Jakarta, Ahad (24/9/2017).

Nasir mengatakan, pihaknya hingga saat ini juga tidak mengeuarkan perintah larangan terhadap perguruan tinggi yang ingin menggelar nobar film tersebut. "Untuk perguruan tinggi, saya tidak mewajibkan, tapi juga tidak melarang. Silakan kalau memang ingin ada nobar sebagai bentuk perhatian peringatan peristiwa itu," tuturnya.

Namun, mantan rektor Universitas Diponegoro ini juga menegaskan bahwa tidak boleh ada pihak yang menghalang-halangi siapapun yang ingin menonton film G30 S/PKI di lingkungan kampus. " Jangan menghalang-halangi. Ini yang harus diingat, jangan sampai kita membatasi kerangka pemikiran seseorang. Akan tetapi tetap perlu diawasi, pemikirannya harus tetap sesuai aturan yang berlaku, sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945," tegasnya.(*)




Comments

comments


Komentar: 0