21 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Perlukah Handuk Sering Dicuci?


Perlukah Handuk Sering Dicuci?

Sebagian besar dari kita mungkin mencuci pakaian setelah beberapa kali pakai. Alasannya sederhana, masih bersih dan belum berbau. Tapi bagaimana dengan handuk? Dengan mandi dua kali sehari, sudah berapa lama handukmu belum dicuci?

Sebelumnya ada beberapa teori tentang seberapa sering handuk dicuci. Ada ahli yang mengatakan, setiap tiga kali digunakan setelah mandi handuk sebaiknya dicuci. Namun, beberapa sumber juga menyarankan jika bau handuk sudah tidak enak maka tiba waktunya untuk dicuci.

Kelly A. Reynolds, Ph.D, professor kesehatan lingkungan dari Universitas Arizona menyarankan: “Handuk yang digunakan setelah mandi bisa digantung hingga kering dan digunakan kembali sebanyak 3 kali."

Manusia melepaskan sekitar satu juta sel kulit mati setiap harinya. Sel-sel ini menempel pada pakaian, dan tentu saja di handuk setelah mandi. Terlebih pada handuk yang memiliki daya serap yang tinggi.

Ini mungkin menjelaskan dari mana bau tidak sedap di handuk setelah sekian lama tidak dicuci. Bakteri ‘sekampung’ sedang tumbuh di handukmu. (jm3/ghk)

Reporter :     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0