17 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Surabaya Deklarasi sebagai Kota Literasi


Surabaya Deklarasi sebagai Kota Literasi
Walikota Surabaya Rismaharini di tengah-tengah pelajar. (@googleimage)

KLIKBONTANG - Selain dikenal sebagai Kota Pahlawan, Kota Surabaya juga akan dikenal sebagai Kota Literasi. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2015, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mendeklarasikan kota yang dipimpinnya memprioritaskan untuk menciptakan budaya membaca dan menulis bagi warganya.

Deklarasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan sumber daya manusia, maka Pemerintah Kota Surabaya akan mendukung semua kebijakan yang mendorong warga Surabaya menyukai budaya membaca dan menulis, jelas Risma, panggilan akrab Walikota Kota Pahlawan itu.

Sejumlah siswa dari sekolah dasar (SD), SMP, SMA, dan SMK ditunjuk membacakan Deklarasi Kota Surabaya sebagai Kota Literasi. Setelah pembacaan deklarasi tersebut, Risma menandatangani prasasti dengan didampingi seluruh jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpinda) Kota Surabaya.

Poin penting yang dibacakan para pelajar Surabaya di antaranya, siap menyukseskan Surabaya sebagai Kota Literasi, siap mendukung dan melaksanakan kegiatan literasi di lingkungan sekolah, serta belajar tekun dan sungguh-sungguh demi kemajuan bangsa.

“Beberapa tahun terakhir ini, kita (Pemkot Surabaya) sengaja membangun banyak perpustakaan agar warga Surabaya senang membaca, khususnya anak-anak. Dengan banyak membaca, anak-anak memiliki bekal pengetahuan yang luas. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kapasitas SDM warga kota Surabaya,” jelas Risma.

Hingga saat ini, kota Surabaya sudah memiliki 972 taman bacaan, termasuk yang di kampung-kampung. “Taman bacaan juga kami sebar di sekolah-sekolah, meskipun belum semua sekolah, hanya sekolah yang memiliki komitmen memanfaatkan taman bacaan saja,” tambahnya.

Semangat untuk menciptakan kota Bontang sebagai Kota Literasi juga sebenarnya telah disusun sejak 2014 lalu. Dimulai dengan kunjungan Wakil Wali Kota Bontang Isro Umarghani ke Sirikit School of Writing (SSW) di Surabaya pada 21 Agustus 2014. Pemkot Bontang ingin mengembangkan akademi komunitas yang disebut sebagai Bontang Techno Park. Akademi ini, kata Isro, akan menggabungkan dunia pendidikan, perindustrian, perdagangan dan ekonomi kreatif. (jm3/mdk)

Reporter :     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0