11 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Verifikasi Data PKH Berjalan, Lurah Telihan Minta Tepat Sasaran


Verifikasi Data PKH Berjalan, Lurah Telihan Minta Tepat Sasaran
Tim verifikasi mencocokan data kepada calon penerima PKH di Kelurahan Gunung Telihan, Bontang Barat agar tepat sasaran. (FOTO: DARWIN TRI/KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.COM- Tahap verifikasi data Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Bontang, Kalimantan Timur masih berlangsung, Lurah Gunung Telihan, Viki Rizqi Riadis pun berharap program ini bisa tepat sasaran.

Lurah Viki menyebut saat ini dirinya dan aparatur kelurahan mengawal tahap verifikasi yang dilakukan para pendamping dari Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3). Dalam pelaksanaannya, tim LK3 yang berasal dari Kecamatan Bontang Barat juga didampingi Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Gunung Telihan. Hal itu membuahkan hasil verifikasi yang berlangsung tertib dan lancar. 

"Alhamdulilah, sejauh ini verifikasi berjalan lancar mas. Warga hanya mengeluhkan pemberitahuan persyaratan yang sifatnya dadakan. Rata-rata menginginkan waktu yang panjang untuk pemenuhan berkas datanya," papar Lurah Viki saat ditemui Klikbontang, Jumat, 17 November 2017.

Guna mengatasi hal itu, dia pun mengupayakan adanya tambahan waktu yang semula hanya berlangsung selama dua hari, 16-17 November 2017, ditambah hingga jadi tiga hari sampai 18 November 2017. 

Lurah Viki menjelaskan banyak masyarakat yang secara ekonomi lebih membutuhkan namun karena data PKH itu berasal dari Kementerian Sosial, tidak sedikit sasarannya yang kurang tepat karena masih ada yang lebih membutuhkan. "Dengan adanya verifikasi data PKH ini, kami berharap penerima lebih tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan," pintanya.

Sejatinya, PKH adalah program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya. 

Sementara itu, Staf Pendamping PKH Kecamatan Bontang Barat, Fitri Kusuma menyebut data yang diperoleh dari Kementerian Sosial sebanyak 450 orang penerima PKH yang ada di Kecamatan Bontang Barat. Sedangkan, jumlah data PKH dari Kementerian Sosial di Kelurahan Gunung Telihan ada 235 orang. Dalam verifikasinya, terbagi atas dua sesi waktu, yakni pagi dan siang.

Ia mengatakan tahapan ini merupakan pendataan awal dikarenakan data yang diperoleh dari Kementerian belum cukup valid sehingga perlu berbagai proses lanjutan seperti pemutakhiran data dengan melakukan kunjungan langsung ke rumah penerima bantuan.

"Setelah verifikasi ini, ada proses pemutakhiran data. Data yang sudah kami dapat, nantinya akan kami cek langsung dengan turun ke lapangan untuk dilakukan kroscek atau pemutakhiran data," terangnya.

Verifikasi PKH ini mencakup kroscek  syarat data di dalam satu keluarga misalnya ada komponen ibu hamil dan menyusui, balita, anak sekolah tingkat SD, SMP dan SMA, lanjut usia 70 tahun ke atas serta disafibilitas berat. Syarat bantuan tunai harus memiliki komponen ini.(adv)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0