11 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kunjungi Bontang, Juri IGA Terpukau Inovasi Prodikau


Kunjungi Bontang, Juri IGA Terpukau Inovasi Prodikau
Juri IGA 2017 berfoto bersama murid di kawasan pesisir. (FOTO: HUMAS)

KLIKBONTANG.COM- Kota Bontang menjadi salah satu nominasi peraih penghargaan Penghargaan Innovative Government Awards (IGA) tahun 2017. Dewan juri dari Badan Penelitian dan Pengembangan  Kementerian Dalam Negeri yang dipimpin Dr Siti Amnah pun tiba di Kota Taman, Selasa (20/11/2017) lalu.

Rombongan dewan juri diterima Walikota Bontang, Neni Moerniaeni di Rumah jabatan (Rujab) Wali Kota Bontang, Jalan Awang Long Kelurahan Bontang Baru.

Kata Neni, kedatangan tim penilai IGA ini sekaligus merupakan ajang pembuktian program kerja inovasi yang telah dilaksanakannya sebagai wali kota. Namun demikian, Inovasi ini bisa terlaksana dengan baik tidak terlepas dari dukungan seluruh aparat di lingkungan Pemkot Bontang.

"Saya berharap sinergi dan kerja sama ini tidak hanya pada inovasi saja, akan tetapi di seluruh sektor dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," harap Walikota Neni.

Terkait penilaian, Neni mempersilahkan tim penilaian penghargaan IGA untuk melihat wujud nyata dan pengaplikasian inovasi yang telah dilaksanakan di Kota Taman, untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Bontang.

"Semuanya berjalan dengan baik dan telah dinikmati manfaatnya oleh masyarakat Kota Bontang,” ujar Neni.

Sementara itu, Siti Amnah salah satu tim penilai mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Bontang, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakatnya. Dikatakannya, inovasi disektor pendidikan  yaitu  Program Pendidikan anak-anak Pulau (Prodikau), yang telah ditinjaunya ini merupakan inovasi yang sangat brilian dan sangat bermanfaat untuk masyarakat Kota Bontang, khsususnya yang bermukim di wilayah pesisir.

"Prodikau ini sangat bagus. Inovasinya langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Terutama warga pesisir," tegasnya.

Sebelumnya, Walikota Neni sudah mempresentasikan inovasi yang telah dilaksanakan di Kota Bontang kepada dewan juri di Jakarta belum lama ini. Inovasi antara lain; Program Pendidikan anak-anak pulau (Prodikau), Internet gratis bagi komunitas nelayan Kepulauan dan Pesisir (Interkoneksi), Penyuluhan perizinan Jemput bola (Papi Jempol), Pencegahan,  penanganan perempuan dan anak yang mengalami trauma dan tindak kekerasan (Teripang Laut). 

Sistem administrasi pelayanan masyarakat tanpa menunggu (Sapa Ratu), membaca referensi lalu coba, usaha dan untuk disiarkan (Perpustakaan Marcusua), penyandang masalah kesejahteraan sosial ( Anak Emas), Pencacah dan produksi biji plastik (Probisitik), Konservasi Mangrove dan olahannya (Komando), Bina wisata Bontang berbasis transplantasi terumbu Karang ( Bintang Terang), 

Tak hanya itu, Inovasi lainnya yaitu Program Santunan Kematian (Prosakti), Pelayanan maksimal. Selanjutnya Pelayanan E-KTP masyarakatnya difabel dan lansia secara Jemput bola ( Pembela Jempol),  Transparansi informasi melalui E-Arsip (Transformer),  serta inovasi yang selanjutnya adalah sinergi membangun Bontang bersama (sibangga), Konseling Pra-Nikah dan Kelurahan siap antar jaga (Kopral Siaga), dan sistem informasi manajemen administrasi kepegawaian (Simak). (hms7)




Comments

comments


Komentar: 0