26 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Hadiri Rakor Persiapan Pilkada, Walikota Bontang: Anggaran Sudah Disiapkan


Hadiri Rakor Persiapan Pilkada, Walikota Bontang:  Anggaran Sudah Disiapkan
Adi Darma saat menghadiri Rakor. (Foto: Humas)

KLIKBONTANG – Walikota Bontang Adi Darma memberi sinyal jika persiapan Pilkada Bontang terus dimatangkan.
Bahkan, saat menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Pilkada serentak yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta Senin (4/5) pagi di Balai Kartini Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, Adi mengaku jika Pemkot Bontang tengah menyiapkan anggaran yang berasal dari APBD murni  yang diusulkan  KPU kota untuk  penyelenggaraan Pilkada di Kota Bontang.

"Pada prinsipnya pemerintah Kota Bontang  terus melakukan koordinasi terhadap penyelenggaraan Pilkada serentak. Yang terpenting adalah menyangkut anggaran, pemerintah kota sudah mempersiapkan itu. Secara teknis  tahapan-tahapan penyusunan anggaran dan mekanismenya terus ditindaklanjuti antara Badan Kesbangpol, KPU maupun tim anggaran," kata Adi Darma.

Sementara itu, Rakor yang dibuka oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Tedjo Edhy Purdijatno ini juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Tcahyo Kumulo, Komisioner KPU dan Bawaslu RI,  para gubernur, bupati/wali kota dan ketua DPRD provinsi/kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Rakor ini untuk membangun harmonisasi dan sinergitas dari seluruh stakeholders serta difokuskan  membahas dan memantapkan persiapan pemerintah dan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memberikan dukungan secara maksimal kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak periode pertama pada bulan Desember Tahun 2015 yang akan dilaksanakan di 269 daerah.

Secara teknis pelaksanaan Pilkada yang bertanggung jawab secara formal KPU, KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota dengan jajarannya masing-masing. Namun pemerintah dan pemerintah daerah juga berkewajiban dan mempunyai porsi yang signifikan untuk mendukung penyelenggaran Pilkada serentak di Tahun 2015 sesuai dengan ketentuan berlaku.

Menkopolhukam menegaskan, sinergitas dan keharmonitas dari seluruh pihak merupakan kunci utama dalam mewujudkan Pilkada serentak yang berkualitas.
"Dengan demikian hal ini merupakan titik pijak bersama untuk mengawal penyelenggaraan Pilkada serentak di Tahun 2015 agar dapat berjalan aman, tertib dan lancar," katanya.

Adapun pokok pembahasan dalam Rakor ini adalah hal yang terkait dengan kesiapan regulasi pelaksanaanya, dukungan anggaran dan personil, ketersediaan data kependudukan, dukungan keamanan dan ketertiban, penanganan dan penyelesaian sengketa pemilihan serta berbagai aspek dukungan lainnya. (jm22/hms)

Reporter : humas    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0