18 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Siswa Harus Siap Hadapi UN


Siswa Harus Siap Hadapi UN
dr Etha Rimba Paembonan. (Foto: klikbontang)

KLIKBONTANG - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan mulai Senin (13/4) mendatang, diminta dihadapi dengan rileks oleh Wakil Ketua DPRD Bontang dr Etha Rimba Paembonan. Itu sebabnya hari-hari terakhir ini, para siswa diminta belajar giat.

"Bagi siswa yang akan dites Senin mendatang, saya pesan agar menjaga kesehatan, belajar giat hingga Sabtu. Minggu siang waktunya istirahat. Kalaupun ingin diulang cukup dibaca saja, setelah itu istirahat full," jelas Etha saat dihubungi, kemarin.

Dikatakan lagi, saat ini merupakan hari-hari terakhir belajar keras. Minggu malamnya siswa harus istirahat full, tidur delapan jam biar pagi fresh, dan bisa mengerjakan soal dengan baik.

"Jadi jangan terbalik, hari-hari terakhir santai, minggunya malah dikebut. Yang ada justru siswa kelabakan dan stres saat UN nanti," tuturnya.

Lanjut Etha, meski UN bukan satu-satunya tolok ukur kelulusan siswa, namun untuk masuk perguruan tinggi negeri atau PTN hasil UN dan integritas sekolah tetap jadi patokan utama. Karena itu, Etha mengimbau, sekolah, siswa, dan orangtua murid, agar tidak menyepelekan UN.

Hal lain yang tak kalah penting tentulah belajar agar siap menghadapi ujian. Dalam hal ini Etha menyarankan sebaiknya belajar dalam kondisi senang.

“Kalau lagi bad mood istirahat dulu. Belajarlah kembali saat sudah merasa senang. Prinsipnya belajar akan efektif kalau dilakukan dengan hati senang,” ungkap Etha.

Terakhir, kata dia, berusahalah setenang mungkin dan tidak merasa terbebani oleh ujian.  “Hadapi ujian dengan enjoy, jangan merasa terbebani,” pinta Etha. (jm4/adv)

Reporter :     Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0