17 Januari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Sarang Tawon jadi Momok Warga Bontang selama 2017


Sarang Tawon jadi Momok Warga Bontang selama 2017
Buaya yang diamankan warga di Jalan Pattimura gang Atletik 17, RT 33 Kelurahan (Ist)

KLIKBONTANG.COM - Sepanjang 2017, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Bontang, Kalimantan Timur mencatat sebanyak 61 kasus evakuasi hewan atau satwa liar yang dianggap meresahkan warga. Terbanyak adalah evakuasi sarang tawon sebanyak 46 kasus, 13 kasus ular, dan buaya 2 kasus.

Plt Kasi Pencegahan, Pengendalian dan Penyuluhan, Yuli Masriyantika menjelaskan beberapa satwa yang kerap dilakukan evakuasi dari pemukiman warga diantaranya sarang tawon, ular piton atau cobra dan buaya.

"Kami sudah mulai melakukan penyelamatan satwa yang dianggap menggangu atau meresahkan warga sejak Maret 2017," ucapnya.

Evakuasi sarang tawon misalnya, ada sebanyak 46 sarang tawon yang berhasil diamankan oleh tim satria biru hampir tiap bulannya. Jenis tawon yang kerap diamankan adalah tawon tanah, lebah lalat dan lebah madu. (Selengkapnya lihat grafis)

Sementara evakuasi ular piton, tiap bulan ada saja warga yang membutuhkan bantuan tim seragam biru ini. Hingga Desember 2017, ada 13 ular yang berhasil diamankan. Terbaru, pada 10 Januari 2017 lalu ular sepanjang 4,5 meter berhasil dibawa ke markas Damkar dan Penyelamatan Bontang. Khusus untuk satwa buaya, tim hanya mendapat dua ekor yakni Oktober dan November 2017.

Dilain kesempatan, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Bontang, Mohammad Yani mengimbau kepada seluruh masyarakat Bontang agar selalu waspada dengan berbagai hal yang menyangkut keselamatan jiwa khususnya ancaman serangan binatang buas. KLIK JUGA: Sempat Terkam Ayam, Ular Phiton 4,5 Meter Diamankan di Gunung Elai

"Kita mohon kerja sama warga. Jika ada gangguan, segera berkordinasi dengan Damkar dan Penyelamatan Bontang yang standby 24 jam melalui telp (0548) 28113," pesannya.

Dia mengatakan penyelamatan tak jauh beda dengan kebakaran. Tim penyelamatan harus secepat mungkin menuju lokasi kejadian. Apalagi jika ada nyawa manusia yang terancam, tidak bisa menunggu nanti atau sebentar. (*)

Penyelamatan Satwa Liar selama 2017 

Jenis Kegiatan

Evakuasi Sarang Tawon

Evakuasi Ular Piton

Evakuasi Buaya

Januari

 

 

 

Febuari

 

 

 

Maret

 

1

 

April

6

2

 

Mei

6

1

 

Juni

3

1

 

Juli

 

1

 

Agustus

3

1

 

September

5

1

 

Oktober

9

2

1

November

9

2

1

Desember

5

1

 

Jumlah

46

13

2

TOTAL

61

 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Reporter : Darwin Tri    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0