19 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ratusan Kios di Pasar Induk Paser Dilahap Api


Ratusan Kios di Pasar Induk Paser Dilahap Api
Api membumbung tinggi menghanguskan Pasar Induk Kenaken, Paser, Kalimantan Timur, Kamis (11/1/2018) malam.

KLIKBONTANG.COM - Ratusan kios di Pasar Induk Senaken, Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur pada Kamis malam (11/1/2018) sekitar pukul 19.30 Wita terbakar.

Kebakaran yang melanda pasar terbesar di Kabupaten Paser ini terjadi saat sebagian besar kios sudah tutup. Belum diketahui pasti asal api.

Mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser, dibantu mobil PMK milik PT Kideco Jaya Agung, mobil water canon Satbrimob Kompi C Tanah Grogot dan mobil Manggala Agni dari Dinas Lingkungan Hidup masih berusaha memadamkan kobaran api.

Dari keterangan dihimpun media ini, api sudah mulai membakar pasar sekitar pukul 19.30 Wita. Belum diketahui pasti asal api yang menghanguskan pasar tersebut. Tapi dugaan penyebab kebakaran diperkirakan dari hubungan arus pendek listrik.

Berdasarkan data dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Peyambolum Senaken, seluruh pasar terdiri dari 773 kios yang terbagi tujuh blok. Blok A ada 189 kios, Blok B 189 kios, Blok Sayur Baru 328 kios, Blok Swasta 8 kios, Blok Warung Makan 15 kios, Blok Parut Kelapa 12 kios dan Blok Penggilingan Daging 2 kios.

"Habis los pasar sembako, pasar ikan, dan lainnya. Pedagang banyak berlari kesana kemari menyelamatankan barang dagangannya," kata Rusdiansyah menggambarkan suasana di lokasi kejadian kebakaran.

Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie yang mendapat laporan terjadinya kebakaran di pasar itu, bersama istrinya juga terlihat datang ke sekitar lokasi pasar yang terbakar untuk memantau langsung kondisi lapangan.

Sementara para pemilik kios yang berada di blok lain tampak berusaha menyelamatkan barang dagangnya, karena khawatir api terus merembet ke kios yang lain.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Induk Senaken Abdul Malik yang ditemui di sekitar lokasi kebakaran mengatakan, ratusan kios yang terbakar sebagian besar berada di blok B dan C.

"Ada sekitar 300 kios di dua blok itu. Kios-kios itu ditempati para pedagang sembako, sayur mayur, daging, dan ikan. Pasar Induk Senaken biasanya tutup pada pukul lima sore," katanya.

Abdul Malik juga belum mendapat laporan dari mana asal api dan taksiran kerugian yang timbul akibat kebakaran tersebut. (*)

Reporter : Dewi Ramadhania     Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0