17 Januari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pupuk Kaltim Memulai Bulan K3 dengan Lintas Alam


Pupuk Kaltim Memulai Bulan K3 dengan Lintas Alam
Direktur Utama, Bakir Pasaman beserta jajaran Direksi Pupuk Kaltim melepas peserta linta alam dalam rangka Bulan K3 Nasional 2018, Sabtu, 13 Januari 2018. (Darwin Tri/KlikBontang)

KLIKBONTANG.COM - Pupuk Kaltim bersama civitas perusahaan yang mencakup perwakilan pekerja pada tiap departemen dan keluarga karyawan, menggelar Lintas Alam pada pembukaan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di area GOR PKT, Sabtu, 13 Januari 2018 pagi.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Bakir Pasaman mengatakan di tahun ini, bulan K3 Pupuk Kaltim mengangkat tema Melalui Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mendorong Terbentuknya Bangsa yang Berkarakter. "Melalui kegiatan Lintas Alam ini, dengan resmi bulan K3 di Pupuk Kaltim saya nyatakan dibuka," ucap Bakir.

Pelaksanaan bulan K3 Nasional untuk meningkatkan kesadaran dan pemenuhan norma-norma K3 serta mengajak partisipasi semua pihak agar mengoptimalkan budaya K3 disetiap kegiatan. Selain itu, agar budaya K3 dapat terbentuk dalam civitas perusahaan, keluarga karyawan maupun lingkungan disekitarnya.

Hal ini sesuai dengan keputusan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Nomor KEP.386 tahun 2014 tentang petunjuk pelaksanaan bulan K3 Nasional tahun 2015-2019 yang meminta perusahaan agar melaksanakan berbagai kegiatan dengan tujuan membudayakan K3.

Pupuk Kaltim mengajak seluruh karyawan beserta keluarga, pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Bontang, kontraktor dan masyarakat bufferzone untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan bulan K3 2018. 

Sebelum mengawali kegiatan, Bakir berpesan kepada seluruh peserta agar berhati-hati serta mengutamakan keselamatan saat masuk kawasan hutan lindung karena keadaan jalanan yang licin usai diguyur hujan. "Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah, sedang dan terus mengembangkan serta membudayakan K3 di Pupuk Kaltim," kata Bakir.

Dalam kesempatan itu, Bakir kembali menyampaikan prestasi terbaru yang berhasil diraih Pupuk Kaltim yaitu Proper Nasional peringkat emas pada 18 Desember 2017. Pupuk Kaltim menjadi perusahaan industri pupuk pertama di Indonesia yang meraih Proper Emas. Pupuk Kaltim menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia yang meraih predikat Platinum dua tahun berturut-turut pada ajang SNI award.

Prestasi lain, kata Bakir adalah diraihnya penghargaan Responsible Care Award 2017 kategori Gold pada 24 November 2017 lalu. Pupuk Kaltim ditetapkan sebagai perusahaan industri kimia yang berhasil menerapkan 7 Code of Responsible Care Management Practises yang diakui secara internasional. Dirut Pupuk Kaltim ini mengimbau kepada seluruh civitas perusahaan terus melakukan upaya konkret terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan kerja masing-masing.

Lebih lanjut, Ketua Panita Lintas Alam Bulan K3 Pupuk Kaltim Tathit Surya Arjanggi melalui wakilnya menjelaskan di sepanjang lintasan, panitia telah menyiapkan 3 pos jaga dengan para petugas medis yang siap siaga. Hal itu dilakukan agar dalam keadaan darurat, peserta dapat langsung mendapatkan bantuan.

"Area yang digunakan pada lintas alam ini adalah hutan lindung di sekitar kawasan GOR Pupuk Kaltim. Para peserta menempuh perjalan sekira 3 kilometer," ujarnya. (Adv)

Rangkaian Bulan K3 Nasional 2018 Pupuk Kaltim:
1. Lintas alam untuk karyawan dan keluarga
2. Donor darah untuk karyawan dan Persatuan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Kaltim
3. Seminar kesehatan bagi karyawan
4. Sertifikasi Confined Space untuk kontraktor
5. Workshop Defensive Driving untuk transporter
6. Safety Quis untuk karyawan dan keluarga
7. Safety Quis untuk pelajar SMA
8. Fire Rescue Competition untuk karyawan
9. Sertifikasi bekerja di ketinggian
10. Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS dan Napza untuk karyawan
11. Fire Rescue Competition bagi masyarakat bufferzone
12. Lomba Video K3 "Safety Message" untuk karyawan

Reporter : Darwin Tri    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0