24 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Sering Ganti Smartphone? Ini Caranya Agar Tetap Awet


Sering Ganti Smartphone? Ini Caranya Agar Tetap Awet

KLIKBONTANG.COM - Smartphone Anda cepat rusak, berapa kali ganti handphone dalam setahun? Sebenarnya awet tidaknya sebuah smartphonedipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu kualitas smartphone dan bagaimana penggunaannya. Kualitas smartphone dapat diketahui dari teknologi dan material yang digunakan. Sedangkan, faktor kedua tentang bagaimana pengguna merawat ponselnya, sudahkah sesuaikah dengan aturannya atau belum.

Cara merawat ponsel agar tetap awet sebenarnya tidak terlalu susah dan kompleks. Ada tiga bagian penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga keawetan sebuah ponsel pintar, yaitu bagian luar smartphone, bagian dalam smartphone (software), dan baterai. Jika ketiga komponen ini dapat Anda jaga baik-baik, ponsel dapat bertahan lama. Berikut ulasannya:

1. Bagian Luar Smartphone

Seperti yang sudah kita ketahui, smartphoneberbeda dengan ponsel lain. Smartphonememiliki layar sentuh untuk mengoperasikan berbagai fitur yang ada. Apa jadinya jika layar rusak? Nah, sebaiknya anda pasang screen guard untuk melindungi layar dari goresan, minyak, ataupun tetesan air. Selain memastikan jari-jari bersih, hindari penggunaan kuku ketika menyentuh layar smartphone. Penggunaan softcase atau pelindung juga menjadi salah satu cara melindungi bagian luar smartphone anda agar lebih awet. Fungsinya untuk melindungi ponsel dari percikan air, benturan, debu, dan hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada body smartphone Anda. Jangan lupa, bersihkan bagian luar smartphone Anda secara rutin.

2. Bagian Software

Perhatikan kapasitas dan spesifikasi pemyimpanan (memori internal dan RAM) pada smartphone Anda. Hal tersebut berkaitan dengan jumlah aplikasi yang Anda instal. Instal aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Apabila terlalu banyak aplikasi yang terinstal di ponsel, bisa dipastikan hal tersebut menjadi penyebab ponsel lemot. Hapus SMS yang sudah tidak Anda perlukan untuk mengurangi pemakaian databasenya. Selain hal itu, unduhlah software antivirus terpercaya untuk keamaan ponsel Anda. Jauhkan ponsel dari benda-benda yang memiliki gelombang elektromagnet seperti televisi, laptop, speaker, dan lain-lain.

3. Baterai

Baterai Anda lebih cepat habis dari biasanya? Mungkin itu salah satu tanda bahwa baterai Anda mengalami penurusan fungsi. Cara sederhana supaya baterai Anda tetap awet, yaitu selalu menggunakan chargerasli/original. Usahakan lakukan pengecasan ketika memang baterai sudah benar-benar hampir habis. Ketika men-charge ponsel, lebih baik jika menghentikan aplikasi yang sedang berjalan. Hal tersebut supaya baterai Anda terisi secara optimal.

Nah, itulah beberapa langkah sederhana cara menjaga smartphone Anda lebih awet. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk membersihkan bagian luar ataupun dalam smartphone Anda. Melakukan perawatan sangatlah penting untuk menjaga kondisi ponsel tetap optimal. Sebab, bagaimanapun juga kondisi ponsel yang optimal akan mendukung penggunanya. Selamat mencoba!

Reporter : Omar N    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0