19 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Penting! Perhatikan Tiga Hal Ini saat Memilih Sepatu Lari


Penting! Perhatikan Tiga Hal Ini saat Memilih Sepatu Lari

KLIKBONTANG.COM - Dulu, olahraga lari adalah jenis olahraga paling sederhana. Tidak perlu macam-macam, cukup berpakaian kaos dan celana. Beberapa orang berlari menggunakan alas kaki berupa sepatu, sebagian lagi lebih suka berlari tanpa alas kaki. Seiring berjalannya waktu, olahraga lari bukan menjadi sekadar olahraga, tetapi juga menjadi gaya hidup.

Berbagai kegiatan olahraga lari diselenggarakan untuk menarik minat masyarakat. Jenis kegiatan dan jaraknya juga berbeda-beda, ada marathon, estafet, trail run, fun run, dan yang lainnya. untuk itu, diperlukan informasi yang jelas agar tidak salah dalam memilih jenis sepatu lari. Berikut ini adalah tiga aspek yang perlu diperhatikan ketika akan memilih sepatu lari, agar lebih nyaman dan aman.

UKUR SOL BAGIAN DALAM
Insole adalah bagian dasar sepatu yang ada di dalam. Ukuran Insole sepatu tidak selalu lama dengan ukuran yang sering kita ketahui, bahkan satu merek pun mempunyai insole yang berbeda pada tiap ukurannya. Misal dengan satuan eropa, kita sering temui ukuran sepatu 38, 39, 40, dan seterusnya. Itu adalah ukuran sepatunya, sedangkan untuk mengukur insole, lihat pada bagian kotak sepatu.

Cara mengukur insole kaki kita adalah dengan mengukur panjang telapak kaki mulai dari jari terpanjang hingga ujung kaki bagian belakang. Hasil pengukuran ditambahkan sekitar satu sentimeter, dari situ didapatkan ukuran insole kaki kita. Memperhatikan insole ketika memilih sepatu lari membuat kaki kita terhindar dari sepatu yang terlalu kecil atau terlalu longgar. Sepatu yang terlalu kecil dapat melukai kaki dengan lecet atau keseleo, sedangkan sepatu yang terlalu besar dapat membuat sepatu lepas saat dipakai berlari.

PERHATIKAN BAHAN SOL BAGIAN LUAR
Outsole atau sol bagian luar adalah bagian luar dan sol sepatu sekaligus menjadi bagian yang menyentuh permukaan tanah atau track yang akan dilalui. Karena itu, penting untuk memperhatikan bahan sol luar agar sesuai dengan jalan yang akan kita lewati. Bagi kita yang lebih sering berlari pada jalan dengan permukaan yang cenderung halus, seperti aspal dan trotoar, pilihlah sepatu dengan bahan sol yang lebih lunak, lentur, tidak terlalu berat, dan tekstur permukaan solnya tidak terlalu kasar.

Sedangkan, untuk jalan yang lebih berat seperti trail run yang melewati daerah menanjak, berlumpur, basah, dan bebatuan, gunakan sol dengan bahan yang lebih keras (biasanya non-marking sole) dan tekstur solnya timbul lebih tebal. Konsekuensinya, jenis sol seperti ini membuat berat sepatu bertambah daripada sepatu lari yang lain.

JAHITAN DAN REKATAN
Perhatikan bagian sambungan tiap bahan sepatu. Sambungan antara bagian sol sepatu dengan bagian atas sepatu yang tidak baik akan membuat sepatu mudah rusak. Antar bagian yang tidak direkatkan dengan baik juga berpotensi merusak sepatu ketika dipakai untuk berlari. Akan tetapi, sebaik apapun jahitan dan rekatannya, bila tidak diimbangi dengan perawatan yang baik juga tetap membuat masa pakai sepatu menjadi lebih cepat.

Itulah beberapa aspek yang perlu diperhatikan ketika akan membeli sepatu lari. Usahakan ketiganya tidak kita sepelekan agar aktivitas olahraga yang kita lakukan menjadi lebih nyaman dan aman. (*)

Reporter : Dwipradipta | Berbagai Sumber    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0