23 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kedelapan Bakal Calon Pilgub Kaltim Lolos Tes Kesehatan


Kedelapan Bakal Calon Pilgub Kaltim Lolos Tes Kesehatan
Kedelapan bakal calon yang lolos tes kesehatan tahapan Pilgub Kaltim 2018.

KLIKBONTANG.COM - Keempat bakal pasangan calon Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Timur (Kaltim) dipastikan lolos tes kesehatan.

Hal ini disampaikan KPU Kaltim melalui rapat pleno terbuka tentang penyampaian hasil penelitian syarat pencalonan dan syarat calon bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim di gedung utama KPU Kaltim, di Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Rabu, 17 Januari 2018 pagi.

Komisoner KPU Kaltim, Ida Farida yang membacakan hasil tes kesehatan delapan kandidat, yakni Andi Sofyan Hasdam, Nusyirwan Ismail, Isran Noor, Hadi Mulyadi, Rusmadi, Safaruddin, Syaharie Jaang dan Awang Ferdian Hidayat, semuanya memenuhi syarat.

“Dari kedelapan kandidat semua dinyatakan lolos tes kesehatan," kata Ida.

Dalam proses pemeriksaan atau penilaian kesehatan tersebut, dilakukan pemeriksaan kemampuan jasmani dan rohani. Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan untuk memastikan mereka bebas dari narkotika dan psikotropika. Semua bakal calon diperiksa tiga tim inpenden terdiri dari IDI Kaltim, HIMPSI Kaltim, dan BNNP Kaltim.

Hasil ini sesuai Pasal 46 Ayat (10) PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan atau Walikota atau Wakil Walikota sebagaimana diubah dengan PKPU Nomor 15 Tahun 2017.

"Kesimpulan dan seluruh hasil dari pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan bersifat final dan tidak dapat ada pemeriksaan pembanding," tegasnya.

Dalam pengumuman tes kesehatan tersebut, dihadiri para LO paslon, Ketua Bawaslu Kaltim Saipul, dan Komisoner Bawaslu Kaltim Hari Darmanto.

Sementara KPU dihadiri, Ketua KPU Kaltim Muhammad Taufik dan para komisoner, Viko Januardy, Rudiansyah dan Ida Farida. Usai pengumuman tes kesehatan, tanggal 18-20 Januari adalah tahapan perbaikan berkas para paslon. (*)

Reporter : Dewi Ramadhania    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0