10 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Idrus Marham dan Moeldoko Dilantik jadi Menteri


Idrus Marham dan Moeldoko Dilantik jadi Menteri
Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.

KLIKBONTANG.COM - Presiden Joko Widodo merombak kabinet kerja dengan melantik Menteri Kabinet Kerja sisa masa jabatan periode 2014-2019, anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan Kepala Staf Angkatan Udara di Istana Negara, Rabu (17/1/2018) pada pukul 09.00 WIB.

Dalam Reshuffle Kabinet ini, politisi partai Golkar Idrus Marham dilantik sebagai Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawangsa. Selanjutnya mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko bakal dilantik sebagai Kepala Staf Presiden menggantikan Teten Masduki.

Sedangkan Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar akan dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres). Terakhir Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna dilantik menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara. Yuyu sebelumnya adalah Wakil KSAU.

Perombakan kabinet kerja ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan sejak Presiden Jokowi menjabat sebagai Presiden RI ke-7. Sebelumnya, Jokowi resmi melantik enam menteri baru di dalam jajaran Kabinet Kerja di Istana Negara, Rabu, 12 Agustus 2015.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofjan Djalil digantikan Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Maritim Indroyono Susilo digantikan Rizal Ramli, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno digantikan Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel digantikan Thomas Lembong, Kepala Bappenas/Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago digantikan Sofjan Djalil dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto digantikan Pramono Anung.

Sedangkan, reshuffle jilid kedua dilakukan pada Rabu 27 Juli 2016. Namun tak berselang lama, Jokowi kembali merombak kabinet pada Oktober 2016 dengan melantik Ignasius Jonan sebagai Menteri ESDM dan menambah posisi Wakil Menteri ESDM yang diisi oleh Arcandra Tahar.

DUA MENTERI DARI GOLKAR RANGKAP JABATAN

Selepas pelantikan Idrus Marham sebagai Menteri Sosial, ada dua menteri di Kabinet Kerja yang saat ini rangkap jabatan. Dua menteri yang rangkap jabatan itu adalah Idrus Marham sebagai Mensos juga menjabat Sekjen Partai Golkar dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar.

Idrus Marham berkomentar singkat soal rangkap jabatan yang menurut pernyataan Presiden Jokowi sebelumnya pernah berjanji akan melarang menterinya rangkap jabatan.

"Saya kira dikembalikan ke Presiden tapi kalau ditanyakan kepada saya selaku Sekjen Golkar kalaupun Pak Airlangga tetap di sini pasti tidak mengganggu kerja baik Ketum DPP Golkar. Bahkan saya jamin bahwa kedua posisi yang dijabat Airlangga saling perkuat apalagi Golkar kekuatannya pada sistem,"ujar Idrus Marham di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham berjanji akan amanah menjalankan tugasnya sebagai Menteri Sosial dengan maksimal dan sebaik mungkin.

"Yang namanya kader partai Golkar bila diberi tugas akan dilaksanakan dengan amanah, tapi saya kira tidak etis mengomentari (jabatan Mensos) ini biar proses di dalam berjalan baik," kata Idrus. (*)

Reporter : Aysah Idris | Berbagai Sumber    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0