17 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Tim Sepakbola Imigran Masuk Liga Profesional Italia


Tim Sepakbola Imigran Masuk Liga Profesional Italia
Para pemain Koa Bosco (foto atas). Tenda-tenda yang menjadi tempat tinggal pemain imigran (bawah). (Foto: AP Images)

KLIKBONTANG - Sebuah tim sepakbola yang semua pemainnya imigran Afrika telah dipromosikan dalam liga profesional di Italia.

Koa Bosco memenangkan pertandingan play-off pada Minggu (3/5/2015) lalu, yang kemudian mengantarkan mereka dalam level kompetisi terbawah sepakbola Italia, seperti yang dilaporkan La Repubblica. Sebelumnya mereka menjadi juara pada kompetisi sepakbola lokal di kota Calabria, Italia.

Federasi Sepakbola Italia (FIGC) membagi level kompetisi menjadi 9 tingkat. Dari Serie A, liga utamanya hingga di level amatir terbawah yang disebut  ‘Terza Categoria’.

Tim ini dibentuk tahun 2013, oleh seorang pendeta lokal di kota Rosarno, Roberto Meduri. Ia berhasil mengumpulkan dan mengurusi kebutuhan para imigran, kemudian setelah kedatangan seorang warga Itali di kota setempat yang memutuskan untuk melatih mereka dalam klub sepakbola. Domenico Mammoliti, pelatih Koa Bosco mengungkapkan, ide membentuk tim sepakbola muncul dari sang pendeta. Meduri berharap kedatangan warga baru ini bisa menyatu dengan baik dengan masyarakat.

“Tidak mudah untuk menjalankan proyek (tim) semacam ini, ada begitu banyak kesulitan yang kami hadapi,” ungkap Mammoliti ke majalah bola Italia, II Calcio. “Para pemain telah mendapatkan kemenangan yang hebat, tapi jelas bagi mereka bahwa kehidupan terus berlanjut,” tambahnya.

Kebanyakan para pemain Bosco tinggal di tenda atau kontainer kargo bekas yang disesuaikan. Mereka menempati lokasi kamp pengungsian yang disiapkan pemerintah di kota Rosarno. Di luar jam latihan dan bertanding, para pemain bekerja di lahan pertanian setempat.

Perjuangan Koa Bosco mendapatkan promosi ke liga profesional tidak selalu mulus. Tim ini sering kali mendapatkan tindakan rasis dan kekerasan di tengah pertandingan. Dalam sebuah pertandingan di bulan Maret, terjadi perkelahian yang dipicu oleh sikap rasis hingga akhirnya pertandingan dihentikan dan kedua tim dikenakan sanksi. Meski begitu, sejak dipromosikan hanya pujian dan ucapan suka cita kepada para pemain yang muncul di laman Facebook Koa Bosco.

Setiap tahunnya, puluhan ribu imigran dari Afrika memang kerap masuk ke negara Eropa baik dengan cara menyeberang lautan maupun melintasi jalur darat. Tidak jarang, penyebarangan berbahaya ini berujung maut yang menewaskan para imigran. Perang saudara, konflik kelompok bersenjata, dan kekacauan situasi politik di negara asalnya adalah alasan para imigran Afrika ini meninggalkan tanah air mereka.(*/bbc)

Reporter :     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0