10 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Lima Kebiasaan Rasulullah sebelum Tidur


Lima Kebiasaan Rasulullah sebelum Tidur

KLIKBONTANG.COM - Seorang muslim yang baik tentunya mau mengikuti ajaran Rasulnya. Rasulullah telah memberi banyak tuntunan dalam kehidupan seorang muslim. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah demi kemaslahatan muslim itu sendiri.

Mungkin kala sabda-sabda disampaikan, seorang muslim kala itu belum benar-benar tahu apa rahasia di balik sabda-sabda tersebut. Salah satu bentuk kebiasaan baik dicontohkan Nabi Muhammad ketika Beliau akan tidur di malam hari. Sebagai muslim sejati, hendaknya kamu memperhatikan kebiasaan-kebiasaan ala Nabi berikut ini. 

1. Berwudhu Sebelum Tidur

Salah satu kebiasaan Nabi sebelum pergi tidur adalah berwudhu. Hal ini sesuai sabda Beliau,Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan salat”. (HR. Bukhari dan Muslim). 

Dengan tidur dalam keadaan suci, sesungguhnya seorang muslim akan merasa lebih segar dan siap untuk tidur. Dalam sabda Beliau yang lain disebutkan, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dan tidaklah ia bangun melainkan malaikat berdoa: “Ya Allah, ampunilah hamba-Mu fulan karena ia tidur dalam keadaan suci.” (Al-Ihsan fii Taqriib Shahiih Ibni Hibban, kitab Ath-Thahaarah, bab Fardhil Wudhu’ (III/328-329 no: 1051).

2. Membersihkan Tempat Tidur

Selain berwudu, Nabi juga terbiasa membersihkan tempat tidurnya sebelum tidur. Hal ini senada dengan hadits nabi, “Apabila seseorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah ia mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Kebersihan memang selalu diutamakan oleh Islam. Salah satu buktinya melalui hadits di atas. Seorang muslim mungkin tidak tahu bahwa ada banyak bakteri mati yang berjatuhan ketika seseorang tidur. Dengan tempat tidur yang bersih tentu seorang muslim akan jauh dari penyakit yang mungkin timbul seperti gatal-gatal. 

3. Melaksanakan Salat Witir 

Kebiasaan lainnya sesuai contoh Nabi ketika akan tidur adalah melakukan salat witir. Perhatikan hadits berikut, “Kekasihku yaitu Rasulullah SAW mewasiatkan kepadaku tiga wasiat: (1) Berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha, (3) mengerjakan salat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari).

Anjuran salat witir sebelum tidur ini memiliki beberapa hikmah. Hikmah salat witir adalah bahwa Allah menyukai ganjil dan menganjurkan kaum mukmin untuk salat witir. Hikmah lainnya adalah salat witir merupakan salah satu dari tiga kebiasaan Rasul yang tidak pernah ditinggalkan selama hidup. Hal ini sesuai dengan hadits yang disebutkan di atas. Jadi, yuk biasakan salat witir sebelum pergi tidur ya! 

4. Membaca Doa Sebelum Tidur

Nabi juga menganjurkan kaumnya untuk berdoa sebelum pergi tidur. Selain doa tidur nabi juga menganjurkan untuk membaca ayat kursi, surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq dan surat An-Naas. Doa sebelum tidur sesuai tuntunan Nabi disampaikan dalam hadits berikut.

Diriwayatkan dari sahabat Abu Hudzaifah, ia berkata, “Apabila Nabi SAW hendak tidur, Beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahyaa (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur Beliau mengucapkan: “Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’da amaatanaa wa ilaihin nusyuur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali)’.  (HR. Bukhari).

5. Tidur dengan Posisi Menyamping ke Kanan

Rasulullah juga terbiasa tidur dengan posisi menyamping ke kanan sebagaimana hadits, “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hikmah kesehatan di balik posisi tidur menyamping ke kanan adalah menjaga kesehatan paru-paru, meningkatkan waktu penyerapan zat gizi, dan menjaga saluran pernafasan. 

Itulah lima kebiasaan baik ala Rasulullah yang sepatutnya ditiru oleh muslim menjelang tidur. Setelah tahu lima kebiasaan di atas, waktunya seorang muslim mempraktikkannya dalam kehidupan, supaya rahasia-rahasia di balik sunnah Beliau semakin terasa. Jangan tunda sampai besok malam, praktikkan mulai malam ini dan rasakanlah manfaatnya! (*)

Reporter : Dwipradipta | Berbagai Sumber    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0