26 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Buah Elai; Mirip Durian, Buah Tropis Khas Kaltim


Buah Elai; Mirip Durian, Buah Tropis Khas Kaltim
Buah Elai khas Kalimantan.

KLIKBONTANG.COM - Mengisi liburan tidak harus di pantai, di mall, maupun di kebun binatang. Berlibur dapat juga diisi dengan bertualang di tengah rimbunya hutan tropis Kalimantan Timur (Kaltim).

Seperti di kawasan perkebunan yang masuk dalam Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Suharto di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Di sana, kita bisa berburu buah khas endemik Kalimantan bernama elai.

Hutan di Bumi Etam memang menyimpan berbagai macam buah buahan khas. Satu di antaranya adalah elai. Buah ini mirip dengan buah durian. Elai telah menjadi salah satu varietas unggulan untuk buah-buahan lokal.

Memasuki masa liburan panjang kali ini sejumlah warga dari Samarinda dan Balikpapan memilih untuk berlibur menuju kebun buah elai yang berada di Taman Hutan Raya Bukit Suharto untuk mencari buah bernama latin Durio kutejensis yang masih menggantung di pohon.

Suasana yang teduh ditambah pohon elai yang sangat rindang membuat warga semakin tertarik untuk memburu buah berwarna kuning yang mirip dengan buah durian ini. Namun memilih buah elai yang matang tidaklah mudah.

Selain datang ke kebun, warga yang ingin menikmati buah lokal khas Kaltim ini bisa mendapatkannya di sepanjang Jalan Seokarno Hatta, atau Jalan Trans Lintas Kaltim.

Pemilik kebun biasanya menjajalkan buah elai di tepi jalan. warga bisa membelinya untuk dibawa pulang atau langsung mencoba menikmati di tempat itu.

Meski sama dengan durian, buah elai memiliki keunikan. Buah ini tidak mengandung alkohol yang bisa membuat penikmatnya mengalami gangguan. Walau memiliki rasa yang nyaris sama, namun mengkomsumsi buah elai hingga 4 buah bagi warga sekitar justru bisa membantu kesehatan. Tidak heran jika saat menikmati buah ini kita terasa aman dan tidak takut terkena efek dari buah ini.

Bukan hanya bau buah yang khas menjadi petunjuk bahwa buah sudah dalam keadaan masak. Namun warna kulit dan suara buah yang unik ketika dipukul menjadi petunjuk buah dalam kondisi masak.

Benar saja. Setelah dibuka, buah elai memiliki daging buah berwarna orange. Karena terlihat segar, menarik warga untuk segera mencoba.

Buah elai atau holay merupakan hasil perkawinan antara bibit pohon durian dengan buah lay sehingga menghasilkan satu individu baru yang diberi nama elai.

Oleh pemerintah, melalui Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian, buah elai atau durian lay buah khas lokal Kalimantan Timur dirilis sebagai bibit buah (varietas) unggul nasional. (*)

Reporter : M4N | Klik Samarinda    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0