10 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Amalan Sehari-hari yang Gugurkan Dosa


Amalan Sehari-hari yang Gugurkan Dosa
Ilustrasi.

KLIKBONTANG.COM - Setiap hari, seorang Muslim dianjurkan meniatkan segala aktivitasnya untuk ibadah demi meraih pahala. Fungsi pahala selain menambah berat catatan amal baik, juga sebagai penghapus dosa.

Tetapi, ternyata ada dosa yang tidak bisa ditebus dengan ibadah. Meski ibadah yang kita jalankan begitu sering, belum tentu dosa tersebut terhapus, seperti dalam hadis riwayat Ath Thabrani.

Sesungguhnya di antara dosa-dosa, ada yang tidak bisa dihapus (ditebus) dengan pahala salat, sedekah atau haji namun hanya dapat ditebus dengan kesusah-payahan dalam mencari nafkah.

Allah begitu menyukai seseorang yang mencari nafkah dengan bersusah payah. Bekerja sebenarnya juga merupakan kenikmatan sekaligus bentuk ibadah selama pekerjaan yang dijalankan diridhai oleh Allah SWT.

Dalam sebuah hadis riwayat Ath Thabrani, dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, Barangsiapa di sore hari merasa kecapaian, karena seharian bekerja mencapai kecukupan keluarga, maka pada sore hari itu pula dia mendapatkan curahan ampunan dosa.

Sedangkan dalam riwayat lain, Rasulullah bersabda nafkah yang kita berikan untuk keluarga bisa dihukumi sedekah. Sehingga, kita perlu bersemangat dalam menjalankan pekerjaan. Lelah yang kita rasakan karena bekerja dapat menjadi penghapus dosa.

Hadis riwayat Ahmad dari Abu Umamah Al Bahili RA menyebutkan, Rasulullah SAW bersabda, " Barangsiapa menginfakkan harta untuk diri sendiri dengan maksud untuk menjaga kehormatan diri, maka hal itu adalah termasuk amal sedekah. Dan barangsiapa menginfakkan hartanya untuk kepentingan anak, istri, dan keluarga yang menjadi tanggungannya, maka hal itu adalah termasuk amal sedekah."

Setelah mengetahui hal ini seharusnya kita tak lagi bermalas-malasan dalam bekerja, apalagi makan gaji buta dengan bekerja sekadarnya saja jika diawasi oleh perusahaan, jika tidak dalam pengawasan malah bekerja seenaknya sendiri atau mencuri-curi waktu untuk melakukan hal yang hanya mengutamakan kepentingan pribadi. Semoga kita terinspirasi untuk bekerja dengan giat tanpa mengeluh. (*)

Reporter : Omar N | Berbagai Sumber    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0