23 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Pertamina Gandeng Mitsubishi Bangun Kilang di Bontang


Pertamina Gandeng Mitsubishi Bangun Kilang di Bontang
(Foto: Ist)

KLIKBONTANG - Wacana pembangunan kilang di Kota Taman kembali bergulir. Meski belum ada kata clear untuk lokasi, Pertamina dikabarkan sedang mempersiapkan tender megaproyek pemerintah pusat itu. Nah, menariknya, dalam warta yang beredar, perusahaan pelat merah itu mengajak Mitsubishi Corporation.

Kendati begitu, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Ahmad Bambang, belum merinci bentuk kerjasama dengan Mitsubishi. Satu-satunya kepastian yang diungkap adalah Pertamina akan menggandeng pemerintah daerah. Tugasnya, untuk menyediakan lahan.

Ahmad menyatakan, saat ini Walikota Bontang Adi Darma sedang menyiapkan lahan itu. Disamping itu, klaim dari Ahmad, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah menyetujui proyek pembangunan kilang ini.

Bahkan, pemerintah pusat juga akan menawarkan skema kerjasama antara pemerintah dengan swasta (KPS) atau dikenal dengan public private partnership (PPP). "Saat ini masih persiapan lelang," katanya.

Ahmad menjelaskan, pembangunan kilang di Bontang ini akan membutuhkan lahan seluas 500 hektare (ha). Kilang ini akan mengolah minyak mentah sebesar 300.000 barel per hari atau bph.

Nantinya, kilang itu akan fokus mengolah bahan bakar minyak (BBM) jenis RON 92 dan lebih atas. Kilang ini juga bakal memproduksi solar. "Kualitas produk solar sudah EURO IV atau V," ujar dia.

Sebelumnya, Walikota Bontang Adi Darma sebelumnya menegaskan sudah mendapatkan lahan seluas 500 ha untuk kilang baru itu. Namun memang, lahan seluas itu sebenarnya sudah dimiliki Pertamina di kawasan industri Badak LNG yang berlokasinya di Bontang.

Namun, dari kabar yang berembus, pembangunan kilang di Bontang memang menjadi domain Pertamina sepenuhnya. Artinya, kepastian jadi-tidaknya kilang itu dibangun bukan ditentukan dari Pemkot Bontang dan Badak LNG.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Naryanto Wagimin menyatakan, pemerintah sudah sudah berkoordinasi dengan Walikota Bontang Adi Darma untuk pengadaan lahan ini.

Naryanto menyebut, kejelasan pembangunan kilang itu sudah terlihat. Sebab beberapa waktu lalu Pertamina dan Mitsubishi sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) untuk pembangunan kilang. "Artinya, untuk saat ini Pertamina sendiri sedang mengkaji proyek kilang tersebut," terangnya. (jm13/kontan)

Reporter :     Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0