25 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Sumbangan Dana Pilgub Ditetapkan Rp93 ,5 Miliar


Sumbangan Dana Pilgub Ditetapkan Rp93‎,5 Miliar
Keempat paslon Pilgub Kaltim.

KLIKBONTANG.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim menetapkan jumlah keseluruhan dana kampanye pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur 2018, sebesar Rp 93.541.‎917.200.

Jumlah dana kampanye tersebut telah disepakati oleh masing-masing tim pemenangan dan liaison officer (LO) masing-masing paslon.

Dana tersebut, diatur berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2017, jumlah dana sumbangan perorangan atau badan usaha/swasta akan ditetapkan setelah penetapan paslon.

‎Ketua Divisi Sosialisasi KPU Kaltim, Syamsul Hadi, menjelaskan batasan dana sumbangan parpol maupun badan usaha dibatasi maksimal Rp 750 juta.

"Untuk perorangan maksimal Rp 75 juta," jelas Syamsul, usai Rapat Koordinasi Kampanye dan Dana Kampanye dalam Pilgub dan wagub Kaltim 2018 di Aula KPU Prov. Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Senin (12/2/2018).

Secara keseluruhan, lanjut dia, jumlah sumbangan dana yang disepakati oleh perwakilan tim pemenangan dan LO paslon sebesar Rp ‎93.541.917.200‎.

Namun sebelum ditetapkan, beberapa kali terjadi penambahan jumlah sumbangan mulai dari Rp 43 miliar menjadi Rp 63 miliar dan menjadi Rp 93 miliar.

"Dana sumbangan tersebut wajib dilaporkan penggunaanya ke KPU. Misalnya, untuk bayar konsultan, sewa peralatan, alat peraga kampanye, dan lainnya," tambah Syamsul.

Terpisah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kaltim bakal mentracking (menelusuri) penyumbang dana kampanye untuk semua pasangan calon (paslon) yang akan bertarung di Pemlihan Gubernur Kaltim 2018 mendatang.

Anggota Bawaslu Kaltim, Galeh Akbar Tanjung, menjelaskan, penelusuran bantuan dana kampanye dilakukan mulai jumlah dana awal kampanye, penggunaan dana, dan realisasi dana kampanye.

"Sejak awal kita akan pantau. Tugas kita, melakukan penelusuran (tracking) setiap penyumbang. Wajib dicatat dan jelas tercatat dalam formulir penyumbang dana. Nanti kita siapkan formulir untuk memverifikasi seluruh penyumbang paslon," tutur Galeh, usai menghadiri Rakor di KPU Kaltim. (*)

KLIK JUGA: Nomor Urut Paslon Pilgub Kaltim Ditetapkan, Ini Daftarnya

Reporter : Tribunnews    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0