23 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Baliho Liar Paslon Harus Bersih Mulai Besok


Baliho Liar Paslon Harus Bersih Mulai Besok
Nasrullah.

KLIKBONTANG.COM - Keempat pasangan calon (paslon) sudah sah menjadi peserta Pilgub Kaltim. Bawaslu Bontang pun meminta seluruh paslon membersihkan alat peraga kampanye (algaka) yang masih bertebaran di titik wilayah Kota Taman.

Menurut Nasrullah, Komisioner Bawaslu Bontang, pembersihan Algaka itu harus segera dilakukan sebelum masa kampanye, Kamis (15/2/2018) besok. “Besok sudah masa kampanye. Kami imbau untuk tim paslon membersihkan algaka yang masih terpasang,” tegas Nasrul usai Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan SARA di Hotel Bintang Sintuk Bontang, Rabu (14/2/2018).

Sebab kata Nasrul, fasilitas algaka paslon Pilgub Kaltim sudah difasilitasi KPU sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. Baik desain, ukuran, hingga materi kampanye.

Bawaslu tak sendirian, bersama Satpol PP Bontang tak sungkan menurunkan algaka yang sudah terpasang sebelum jadwal yang disepakati dan lokasi pemasangan Algaka tidak sesuai dengan titik yang ditentukan oleh pihak KPU.

Hal ini sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 4 tahun 2017, Panwas Kabupaten/Kota membersihkan Alat Peraga Kampanye paling lambat 3 (tiga) hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara.

Begitupun setelah penetapan calon gubernur dan wakil gubernur resmi, maka algaka yang terpasang sebelum masa kampanye harus ditertibkan. Langkah awal, Bawaslu akan bersurat kepada Satpol PP untuk melakukan penertiban, kedua jika masih ditemui alkaga setelah penertiban maka pihak panwas berkoordinasi langsung kepada tim sukses yang bersangkutan untuk membersihkan alkaga tersebut.

“Maka dari itu kami mengimbau agar hal ini bisa menjadi perhatian bersama, agar pelaksanaan Pilgub Kaltim di Bontang berjalan dengan baik,” tambahnya.

Dalam pemasangan algaka ini, KPU Kaltim akan membatasi jumlahnya bagi setiap paslon. Untuk jenis baliho misalnya, setiap paslon dibatasi lima baliho di setiap kabupaten/kota. Baliho ini akan dipasang di lokasi-lokasi strategis pada 10 kabupaten/kota di Kaltim, dalam rangka sosialisasi paslon peserta Pilgub Kaltim 2018.

“Nanti itu pemasangannya berjejer dalam satu tempat. Untuk lokasinya bakal kerja sama dengan Pemkot Bontang untuk menyesuaikan dengan estetika daerah,” jelasnya.

Selain baliho, bentuk algaka lainnya adalah umbul-umbul dan spanduk. Untuk umbul-umbul, setiap paslon dibatasi sebanyak 20 buah dipasang di masing-masing kecamatan. Lantas untuk spanduk, masing-masing dua buah pada setiap kelurahan bagi semua paslon. Selain itu KPU juga akan mempersiapkan flyer, pamflet, poster dan brosur yang akan dibagikan keseluruh daerah di Kaltim.

“Untuk poster dan brosur ini, kami siapkan seperempat dari jumlah Kartu Keluarga (KK) di masing-masing kabupaten/kota,” beber Nasrul.

Jika algaka yang disiapkan KPU dianggap masih kurang, Nasrul menyebut pihaknya memberikan kesempatan bagi pihak paslon untuk mengadakan sendiri algaka tersebut. “Tapi hanya berlaku untuk poster, flyer, dan brosur,” tandasnya. (*)

Reporter : Fanny    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0