21 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

PBB dan PKPI Tak Lolos Verifikasi Peserta Pemilu 2019


PBB dan PKPI Tak Lolos Verifikasi Peserta Pemilu 2019
Logo Partai Bulan Bintang dan PKPI.

KLIKBONTANG.COM -  KPU RI mengumumkan hasil verifikasi partai politik peserta Pemilu 2019. Ada 14 parpol lolos verifikasi, 10 di antaranya parpol yang merupakan partai peserta Pemilu 2014.

Pengumuman itu dilakukan dalam acara Rekapitulasi Nasional Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2019 di Hotel Grand Mercure, Harmoni, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2018). Pengumuman dipimpin oleh Ketua KPU Arief Budiman.

“Hasil verifikasi partai politik dibacakan berdasarkan urutan partai, data dari seluruh provinsi akan ditampilkan di layar," ujar Arief saat membuka acara.

Adapun 10 partai peserta Pemilu 2014 yang lolos hasil rekapitulasi verifikasi partai peserta Pemilu 2019 adalah PDIP, Golkar, Gerindra, Partai Demokrat, PKB, PAN, PPP, PKS, NasDem, dan Hanura. Ke-10 partai itu berhasil memenuhi syarat kepengurusan dan keanggotaan di 75 persen kabupaten/kota di 34 provinsi yang ada di Indonesia.

"PDIP, pusat penuhi syarat, provinsi memenuhi syarat, kabupaten/kota penuhi syarat. Kesimpulan memenuhi syarat," ujar komisioner KPU Ilham Saputra saat mengumumkan hasil rekapitulasi verifikasi PDIP.

Pengumuman tiap-tiap partai dibacakan secara bergantian oleh komisioner KPU. Selain 10 partai tersebut, ada empat partai baru yang lolos verifikasi partai peserta Pemilu 2019, yaitu PSI Partai Berkarya, Perindo, dan Partai Garuda.

Sementara itu, ada dua partai yang tidak lolos, yakni PBB dan PKPI. Keduanya dinyatakan tidak memenuhi syarat sebaran keanggotaan di 75 persen kabupaten/kota masing-masing 34 provinsi di Indonesia. PBB dan PKPI merupakan partai lama yang ikut Pemilu 2014.

Setelah diumumkan, partai-partai politik tersebut akan menandatangani berita acara rekapitulasi. Kemudian KPU akan melakukan pengundian nomor urut pada Minggu (18/2/2018) besok. 

PBB tidak berhasil memenuhi batas minimal 75 persen syarat untuk tingkat kabupaten/kota di 34 provinsi yang ada di Indonesia. Adapun PBB tidak memenuhi syarat di provinsi Papua dan Papua Barat.

"Kesimpulan, tidak memenuhi syarat," ujarnya.

Sementara itu, hasil rekapitulasi verifikasi PKPI dibacakan oleh komisioner KPU Hasyim Asy'ari. Partai besutan Ketum AM Hendropriyono itu tidak berhasil memenuhi batas minimal 75 persen pada kabupaten/kota di 34 provinsi.

"Sebaran kepengurusan dan keanggotaan di 75 persen kabupaten/kota di 34 provinsi tidak penuhi syarat," ungkap komisioner KPU Hasyim Asy'ari membacakan hasil rekapitulasi verifikasi PKPI. 

Adapun PKPI tidak berhasil memenuhi syarat di 3 dari 34 provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Untuk itu, PKPI dinyatakan tidak lolos verifikasi sebagai parpol peserta Pemilu 2019.

“Kesimpulan, rekapitulasi verifikasi nasional dinyatakan tidak lolos," tegas Hasyim.

Seperti diketahui, PBB dan PKPI saat awal penetapan Pemilu 2014 juga dinyatakan tidak lolos. Kemudian dua partai itu mengajukan gugatan ke pengadilan hingga akhirnya berhasil menjadi partai peserta Pemilu 2014.

Kini, PBB dan PKPI tidak dinyatakan lolos lagi. Kedua partai saat ini tengah mengajukan permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilu 2019 ke Bawaslu. (*)

 Keempat belas parpol yang lolos adalah:

- Partai Amanat Nasional (PAN)

- Partai Berkarya

- PDI Perjuangan

- Partai Demokrat 

- Partai Gerindra

- Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)

- Partai Golkar

- Partai Hanura

- Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

- Partai Nasional Demokrat (NasDem)

- Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

- Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

- Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Reporter : Ramadhan NR | Berbagai sumber    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0