12 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Mau Beli Mobil? Alasan Ini Bisa jadi Pertimbangan


Mau Beli Mobil? Alasan Ini Bisa jadi Pertimbangan
Sugiharto, Sales Supervisor Toyota Cabang Bontang. Foto: KLIKBONTANG/DARWIN

KLIKBONTANG.COM - Pemilihan jenis kendaraan yang tepat sesuai kebutuhan menjadi alasan utama adanya berbagai varian kendaraan roda empat. Sebut saja tipe Sport Utility Vehicle (SUV), Multi Purpose Vehicle (MPV), hatchback, dan City Car.

Sugiharto, Sales Supervisor Toyota Cabang Bontang menjelaskan sebelum memilih kendaraan roda empat, paling pertama kita harus mengetahui kebutuhannya untuk apa.

"Jika pembelian untuk memenuhi kebutuhan alat transportasi bagi sebuah keluarga yang beranggotakan banyak orang, pilihan terbaik adalah MPV," ujarnya.

Dia mengatakan adanya jenis MPV guna mencukupi kebutuhan mobil dengan kapasitas penumpang yang banyak. Biasanya, berkapasitas 6 penumpang. Dengan kapastias ini, diharapkan seluruh anggota keluarga dapat ikut serta dalam satu mobil.

Lain halnya dengan pembeli yang hanya ingin memenuhi keinginannya menggunakan tampilan mobil yang berkelas atau jenis terbaru, lebih tepat memilih jenis SUV. Kendati kapasitas penumpangnya sama dengan MPV, jenis SUV memiliki tampilan sporty dengan bodi yang lebih tangguh. Jenis ini dirancang untuk melintasi medan berbatu dan berlubang.

Ada pula pertimbangan ekonomis. Faktor ini tolok ukurnya adalah harga kendaraan serta kapasitas mesin. Jika budget yang dimiliki terbatas, anda dapat memilih unit kendaraan roda empat dengan kapasitas mesin rendah misalnya 1.000 cc.

Terkadang, peminat kendaraan juga tidak melihat sisi ekonomis. Melainkan kenyamanan unit mobil yang akan digunakan. Nilai kenyamanan ini tentu harus sesuai dengan grade atau type yang lebih tinggi. Misalnya jenis SUV berkapasitas mesin 2.500 cc.

"Itu semua tergantung pilihan anda ketika merencanakan membeli mobil. Paling utama harus menyesuaikan dengan kebutuhan," sarannya.

Sepanjang tahun 2017, Auto 2000--Dealer Toyota Cabang Bontang mencatat sebanyak 510 unit kendaraan roda empat yang berhasil terjual didominasi jenis MPV atau mobil keluarga sekitar 60-70 persen.(*)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0