12 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Gandeng Remaja Masjid, Legislator Ini Turun ke Laut Angkut Sampah


Gandeng Remaja Masjid, Legislator Ini Turun ke Laut Angkut Sampah
Faisal (kiri) ikut mengangkut sampah dari laut kawasan Selambai, Lok Tuan, Ahad (11/3/2018). Foto: KLIKBONTANG/Zaenul

KLIKBONTANG.COM – Wakil Ketua DPRD Bontang Faisal bersama Remaja Masjid Darull Falah turun membersihkan sampah di laut Kampung Selambai, Kelurahan Lok Tuan, Kecamatan Bontang Utara, Ahad (11/3/2018)

Pantauan media ini dari pukul 06.00 pagi sekira 30 remaja yang dipimpin langsung politisi Nasdem Faisal telah berkumpul di halaman masjid untuk melakukan doa bersama dan sarapan pagi sebelum melakukan aktivitas membersihkan lingkungannya.

Selepas itu sekumpulan orang yang mengenakan baju biru dongker dengan tulisan di pundaknya “Cinta Lingkungan Remaja Masjid Bersama Faisal Bersama Rakyat (FBR)” langsung turun ke jamban membersihkan sampah berupa plastik, botol dengan menggunakan serokan tidak hanya itu ada juga sofa yang ditemukan dilaut tersebut.

Kemudian sampah yang dikumpulkan dalam karung atau kotak Styrofoam kemudia dimuat dalam motor sampah untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Sementara di daerah tersebut.

Politisi partai berlambang rotasi biru yang dibalut warna jingga begestur memeluk ini menerangkan hal ini dilakukannya lantaran prihatin dengan kondisi laut di kawasan itu tercemar oleh sampah dapur atau lainnya. Padahal 90 persen warga di kampung atas laut itu menggantungkan hidupnya dengan hasil laut.

Oleh sebab itu sekitar Agustus tahun lalu dia mengajak remaja sekitar untuk turun membersihkannya.“Kegiatan ini telah dilakukan rutin setiap hari minggu baik dilingkungan selambai atau diwilayah Loktuan lainnya,” ungkap Faisal usai kegiatan itu.

Hal itu nampaknya kini mulai membuahkan hasil, yang dulunya oknum warga membuang sampah sembarangan, karena melihat aksi itu kini mulai membawa sampah ke tempat sampah yang telah disediakan dibeberapa titik kawasan pesisir itu.

Selain itu anak muda sekitar juga semakin mulai mencintai lingkungannya dengan mengikuti kegiatan itu, ini terlihat dari sebelumnya hanya 5 orang kini menjadi sekitar 30 orang. “Sekitar berapa persen sampah dilaut sekarang sudah berkurang,” katanya.

Dia berharap degan kegiatan itu lingkungannya dapat semakin bersih. Sehingga wilayah itu dapat menjadi objek wisata yang memamerkan laut yang bersih dan biota laut yang dapat dipandang dengan mata telanjang, sehingga menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Kegiatan ini dapat di praktikan warga Bontang lainya, dan kami juga bersedia dipanggil setiap hari minggu untuk membersihkan wilayah Bontang lainya,” pesannya. (*)

Reporter : Zaenul Fanani    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0