22 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Legenda dan Sejarah Blues, BB King Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun


Legenda dan Sejarah Blues, BB King Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun
Sang Raja, dengan lebih dari 15.000 tour dan 42 album selama tujuh dekade bermusiknya. BB King meninggal di usia 89 tahun. (@ArtistReach)

KLIKBONTANG - Salah satu legenda blues terbaik, BB King telah meninggal dunia di Las Vegas. Kabar ini disampaikan The Associated Press, Jumat (15/5) pagi, melalui anak BB King, Patty King di kediamannya.

Songwritter yang dikenal luas sebagai "King of Blues" ini meninggal pada usia 89 tahun. Sebelumnya, King telah dirawat di rumah sakit karena suatu penyakit terkait diabetes meski ia sempat berkeras ingin dirawat di rumah.

Permainan gitarnya yang khas, bergaya staccato dan vokal rintih yang mengalir dalam perfoma solonya telah mempengaruhi  sepanjang 6 dekade generasi rock dan blues. Sejak Eric Clapton dan Stevie Ray Vaughan, hingga Sheryl Crow dan John Mayer. Lirik King sering menghadirkan dilema, tekanan terhadap nafsu manusia, penantian, dan kehilangan cinta.

"Saya ingin menghubungkan antara suara gitarku dan emosi manusia," kata King dalam autobiografinya, "Blues All Around Me" (1996), ditulis oleh David Ritz.

Memulai sebagai penyanyi rohani gereja di Mississippi, King yang juga bekerja di pertanian kapas telah terbiasa mendengarkan blues lewat pemutar piringan hitam bibinya. Bermodal gitar yang dibeli lewat pinjaman dari bosnya di ladang kapas, King mulai bernyanyi di depan umum. Dari persimpangan jalan hingga bar-bar di akhir 1940-an. Pada tahun 1948, King pindah ke Tennessee dengan atmosfir dan antusiasme musik yang lebih menjanjikan.

Pasca kepindahaannya ke New York pada akhir '60-an, menjadi awal pengakuan dunia musik kepada King. Dengan trademark miliknya, "The Thrill is Gone", diganjar Grammy pertamanya pada 1970. Sampai saat ini sudah 15 Grammy yang diraihnya.

Sedikit kisahnya di masa sulit kaum Negro Amerika, setelah pembunuhan pemimpin aktivis HAM Martin Luther King Jr. tahun 1968, BB King bersama Jimi Hendrix dan Buddy Guy memainkan konser blues amal untuk Konferensi Pemimpin Kristian Selatan (SCLC) yang dibentuk Martin Luther King Jr.

Kabar kematian BB King mengundang ucapan belasungkawa dari musisi dunia. Beberapa musisi seperti Ringo Starr, hingga aktor Hollywood, Samuel L. Jackson juga sempat menyampaikan duka melalui akun twitternya. Jackson menulis, "Memutar sebuah lagu BB King hari ini dan teringat padanya! RIP Mr. King dan terimakasih untuk musik terbaik itu!!"

Ringo Starr, drummer The Beatles menyampaikan duka melalui twitter-nya beberapa saat setelah itu. "Tuhan menyertaimu BB King. damai, dan cinta untuk keluarganya."

Gitaris Bon Jovi, Richie Sambora juga mengatakan, "Teman saya dan legenda BB King meninggal dunia. Saya begitu sedih."

Adapun penyanyi Kanada, Bryan Adams menambahkan, "RIP BB King, salah satu gitaris terbaik yang pernah ada, mungkin yang terbaik."

Pada awal dekade '90-an, BB King sendiri pernah tampil di Hard Rock Cafe, Thamrin, Jakarta. (*)



"The beautiful thing about learning is nobody can take it away from you."   - BB King



Reporter :     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0