23 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kalah Tipis, YPK: Kami Kurang Beruntung


Kalah Tipis, YPK: Kami Kurang Beruntung
Aksi kedua tim dalam laga pamungkas YPK Cup 2018 di GOR PKT, Jumat (16/3/2018). Foto: KLIKBONTANG/FANNY

KLIKBONTANG.COM- YPK CUP-2018 Basketball ditutup dengan pertandingan tim putra antara SMA YPK melawan SMAN 3 Samarinda di GOR PKT, Jum'at, 17 Maret 2018.

Riuh ramai sorakan menggelegar. Ribuan pasang mata menyaksikan final liga basket YPK CUP-2018. Sejak peluit tanda pertandingan dimulai, dua orang leader tampak menggerakkan ratusan supporter tim SMA YPK komander bersorak berirama diiringi tabuhan drum yang disertai gerakan-gerakan khas koreografi. Tak mau kalah, Ultras SMAN GA---julukan supporter tim SMAN 3 Samarinda pun ikut berseru menyemangati para pemainnya.

Adapula maskot SMA YPK mengenakan kostum badut srigala biru muda. Mengenakan kostum basket YPK berwarna putih, di punggungnya terdapat label angka dua berpadu dengan Bontang. Tampak tegas memberi sinyal tim ini adalah putra daerah Kota Taman.

Basketball YPK CUP-2018 telah dimulai sejak 8 Maret 2018 lalu. Pada even ini, Pupuk Kaltim berperan sebagai sponsorship. Tampak kehadiran Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana beserta jajaran manajemen perusahaan turut menyaksikan pertandingan hingga usai.

Kebanggaan tampak dari raut wajah mereka melihat event garapan putra-putri YPK sukses menarik antusias penonton yang berdesakan memadati arena GOR PKT. Kapasitas bangku yang tersedia di gelanggang arena ragam olahraga ini tak mumpuni untuk menampung para penonton.

Dalam pertandingan, kedua tim beradu ketangkasan dalam melempar, menangkap, mengumpan hingga memasukkan bola kedalam ring. Pada kuarter pertama, kedua tim menghasilkan skor imbang 3-3. Di kuarter kedua dan ketiga, meski sempat tertinggal poin pada awal kuarter, tim SMA YPK membuktikan kemampuannya mengambil poin melalui ketangkasan para pemain.

Erik Yusti, Pelatih Tim Putra SMA YPK yakin tim besutannya hanya kalah lantaran faktor keberuntungan. Di menit-menit akhir sempat kecolongan poin, mendapatkan free throw namun tak dimanfaatkan dengan baik ditambah hampir mendapat peluang di detik akhir.

"Bermain basket pasti ada menang dan kalah. Apapun itu kita terima dan menjadi pembelajaran buat kita," ujarnya.

Menurutnya, kedua tim sudah bermain sangat bagus. Kendati demikian, peluang mendapatkan poin dari pertandingan tadi belum optimal dimanfaatkan kedua tim.

Dia menegaskan, ke depan tim basket asuhannya itu akan digodok memperbaiki sistem defence atau bertahan. Ajang ini menjadi pemanasan untuk mengikuti persiapan DBL (Develipmental Basketball League) tingkat Kaltim.

"Apa yang kurang dari kita, akan kita tambah. Semua kita latih untuk menutupi kekurangan yang lalu. Kita ingin tim YPK juara lagi seperti tahun lalu," ujarnya optimistis.

Menanggapi lawan timnya, diakuinya tim SMAN 3 Samarinda menjadi lawan yang cukup kuat bagi tim SMA YPK. Tahun ini, diprediksikan akan bertemu pada DBL Kaltim.

Di tempat sama, Lola Karmila Ketua Yayasan Pupuk Kaltim yakin ajang YPK CUP-2018 ini menjadi pembelajaran terbaik bagi seluruh panitia termasuk para peserta.

"Pada event ini, anak-anak secara tidak langsung diajarkan leadership dan tim work. Ada juga pengendalian emosi saat menghadapi keputusan kemenangan atau kekalahan dari sebuah pertandingan. Ini sangat bagus untuk mereka kedepannya," paparnya.

Ia berharap, pelaksanaan event kedepannya dapat lebih terorganisir. Antusias penonton sangat baik, seharusnya peluang ini mampu ditangkap untuk menghasilkan profit dengan digarap secara profesional sebagai usaha komersil yang menghasilkan. (INFORIAL)

SKOR SMA YPK vs SMAN 3 Samarinda
Kuarter 1 skor 3-3
Kuarter 2 skor 10-13
Kuarter 3 skor 16-17
Kuarter 4 skor 25-24

Berikut pemenang YPK CUP-2018
Putri tingkat SMP
Juara 1 : SMPN 1 Bontang
Juara 2 : SMP YPK
Juara 3 : SMP Vidatra

Putra tingkat SMP
Juara 1 : SMPN 2 Bontang
Juara 2 : SMP YPK
Juara 3 : SMPN 1 Sangatta Utara

Putri tingkat SMA
Juara 1 : SMAN 3 Samarinda
Juara 2 : SMAN 1 Bontang
Juara 3 : SMA YPK

Putra tingkat SMA
Juara 1 : SMAN 3 Samarinda
Juara 2 : SMA YPK
Juara 3 : SMAN 1 Balikpapan

Reporter : Darwin Tri    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0