15 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Crutchlow di Puncak


Crutchlow di Puncak
start moto GP Sirkuit Jerez, Spanyol. FOTO/MICHELIN

KLIKBONTANG.COM- Klasemen MotoGP 2018 hingga Senin 9 April dipimpin oleh Cal Crutchlow. Pengemudi motor LCR Honda itu mengoleksi 38 poin setelah memenangi Grand Prix Argentina. Di urutan kedua, ada sang runner-up musim lalu, Andrea Dovizioso yang hanya berbeda tiga poin saja dari Crutchlow.

Setelah mendapatkan peringkat empat di Grand Prix Qatar, Cal Crutchlow menambah poin lagi dengan menjadi pemenang GP Argentina yang digelar di Rio Hondo. Hasilnya, Crutchlow menjadi pebalap asal Inggris pertama yang berhasil memimpin klasemen MotoGP sejak Barry Sheene pada 1979.

Crutchlow resmi mengambil alih posisi puncak dari tangan Andrea Dovizioso. Meskipun Dovi memenangi balapan pertama di Qatar, pria asal Italia itu tidak bisa melanjutkan performa gemilangnya saat bertarung di GP Argentina. Dovizioso hanya merampungkan lomba di urutan keenam. Dengan demikian, ia hanya berhak atas total 35 poin.

Marc Marquez, sang juara musim lalu, lebih muram lagi. Ia gagal meraih satu poin pun di Rio Hondo. Sebaliknya, rasa frustrasi tampak dari sosok berjuluk Baby Alien tersebut. Ia berbenturan dengan Aleix Espargaro (Aprilia) dan Valentino Rossi (Yamaha) hingga akhirnya dikenai penalti pengurangan waktu hingga 30 detik.

Posisi Marquez di klasemen sendiri, jatuh ke urutan kelima. Ia disalip oleh Johann Zarco (Yamaha Tech 3) dan Maverick Vinales (Movistar Yamaha). Zarco mendapatkan tambahan 20 poin di Argentina sehingga kini memperoleh 28 poin. Vinales yang menyelesaikan lomba di urutan kelima, kini mengoleksi total 21 poin.

Nasib buruk dialami sang legenda, Valentino Rossi. Setelah insiden dengan Marquez, Rossi hanya mampu finis di urutan ke-19. Alhasil, poinnya tidak bertambah. Sebelumnya, pria berjuluk The Doctor sudah memiliki 16 poin, hasil meraih peringkat ketiga di seri pertama MotoGP tahun ini.

Sementara itu, Jorge Lorenzo yang memasuki tahun kedua di Ducati, akhirnya mendapatkan poin musim ini. Hal ini terjadi setelah pria asal Spanyol tersebut finis di urutan ke-15 di Argentina. Sebelumnya di Qatar, Lorenzo tidak dapat menyelesaikan lomba. (*)

Berikut ini klasemen MotoGP 2018 hingga seri kedua, Grand Prix Argentina.

Nomor Nama Motor Poin
1 Cal Crutchlow Honda 38
2 Andrea Dovizioso Ducati 35
3 Johann Zarco Yamaha 28
4 Maverick Vinales Yamaha 21
5 Marc Marquez Honda 20
6 Jack Miller Ducati 19
7 Danilo Petrucci Ducati 17
8 Valentino Rossi Yamaha 16
9 Alex Rins Suzuki 16
10 Andrea Iannone Suzuki 15
11 Tito Rabat Ducati 14
12 Dani Pedrosa Honda 9
13 Hafizh Syahrin Yamaha 9
14 Franco Morbidelli Honda 6
15 Pol Espargaro KTM 5
16 Scott Redding Aprilia 4
17 Alvaro Bautista Ducati 3
18 Takaaki Nakagami Honda 3
19 Karel Abraham Ducati 1
20 Jorge Lorenzo Ducati 1
21 Thomas Luthi Honda  
22 Bradley Smith KTM  
23 Aleix Espargaro Aprilia  
24 Xavier Simeon Ducati  

 

 

Reporter : Ramadhan NR    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0