15 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berebas Tengah Masuk Enam Besar Lomba PHBS Nasional


Berebas Tengah Masuk Enam Besar Lomba PHBS Nasional
Wakil Walikota Bontang, Basri Rase, jajaran Pemkot Bontang, dan tim penilai berfoto bersama.

KLIKBONTANG.COM - Wakil Wali Kota (Wawali) Bontang, Basri Rase menyambut kedatangan Tim Verifikasi Penilaian Lomba PHBS di Kelurahan Berebas Tengah, Kecamatan Bontang Selatan, Kamis (12/4/2018).

Kehadiran tim adalah untuk melakukan verifikasi dan validasi laporan yang telah diserahkan kepada Kementerian Kesehatan. Laporan tersebut berhasil membawa Kota Bontang menjadi satu dari enam besar peserta lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional tahun ini.

Kemudian ia melanjutkan pemenang lomba ini akan diumumkan pada Peringatan Hari Keluarga Nasional yang akan digelar di Manado, Sulawesi Utara pada Juli mendatang. Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Diawali dengan mendengarkan paparan program unggulan oleh Lurah Berebas Tengah, Usman. Secara rinci ia menjelaskan bagaimana masyarakat telah menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Bagaimana partisipasi warga dalam program-program kelurahan sehingga hal tersebut menjadi solusi dari permasalahan kebersihan dan kesehatan yang ada, hingga kesadaran masyarakat yang luar biasa membantu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sesuai 10 indikator PHBS .

Penilaian pun dilanjutkan dengan tanya jawab bersama staf kelurahan dan kader PKK setempat. Menariknya, tak sekedar menilai, tim juga memberikan pembinaan untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Kemudian tim yang terdiri dari Perwakilan Kementerian Kesehatan RI, Endang bersama Tim Penggerak PKK Pusat, Widyawati Garni juga mengecek beberapa titik lokasi penilaian, seperti posyandu, tempat pengambilan air bersih dan RT 08 Kelurahan Berebas Tengah. Masyarakat sekitar kelurahan pun tak luput dari pertanyaan tim. Didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bontang, Hapidah Basri Rase bersama OPD terkait, tim berhasil mengumpulkan data dan fakta yang dibutuhkan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase mengatakan di bawah kepemimpinan Lurah Usman ia akui lingkungan Kelurahan Berebas Tengah semakin membaik. Yang dulunya tampak kumuh kini lebih bersih, indah dan rapi. Hal ini tidak lepas dari kerjasama berbagai pihak termasuk masyarakat yang sadar pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. Ia pun berharap kelurahan lainnya dapat menjadikan Berebas Tengah sebagai kelurahan percontohan.

“Saya lihat tadi dari perjalanan hotel menuju ke sini ternyata memang betul ya Jumat Bersih dan Kamis Indah. Mudah-mudahan ini berjalan terus ya pak, bu. Tidak sekedar karena ikut lomba tetapi terus menerus dilakukan. Dengan hidup bersih dan sehat, masyarakat Bontang dapat maju, bersih, sehat dan sukses ke depannya,” kata Perwakilan Kementerian Kesehatan RI, Endang.

“Ini adalah kebanggaan untuk kita semua. Terima kasih banyak kerja kerasnya selama ini, Pak Lurah, Pak RT, LPM, karang taruna dan Forkohat yang telah membantu melaksanakan program-program sesuai visi dan misi Pemerintah Kota Bontang. Tanpa adanya bapak dan ibu sekalian, tidak mungkin rasanya kita bisa menorehkan prestasi ini," bebernya.

"Mudah-mudahan kelurahan bisa terus menjalankan program yang ada saat ini, terus kreatif melakukan inovasi dan kebersamaan bisa terus ada untuk mewujudkan Kota Bontang sebagai green city, creative city, dan smart city,” tambah Basri. (hms8)

Reporter : Niken | Humas Pemkot    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0